18 February 2019

Lomba Kreasi Pangan Lokal 2019 Padang Kota Bingkuang, Menu "Dinsum Bingkuang" Jadi Jawara

Tokoh Muda Peduli Padang Kota Bingkuang, Athari Gauthri Ardi Serahkan Piala, Hadiah dan Piagam Kepada Juara Umum Tim Asal Kelurahan Lubuk Buaya (doc : ki) 
PADANG(GemaMedianet.com— Lomba Kreasi Pangan Lokal 2019 Padang Kota Bingkuang yang diselenggarakan oleh Komunitas Padang Kota Bingkuang di Muaro Lasak, Kecamatan Padang Barat, Sumatera Barat, Minggu (17/2/2019) berjalan lancar dan sukses.

Tim dengan menu makanan kudapan "Dinsum Bingkuang" yang berasal dari Kelurahan Lubuk Buaya berhasil keluar sebagai juara umum. 

Juara kedua diraih tim dengan menu makanan kudapan "Kripik Bingkuang" asal Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara. Disusul  Tim Ladies 87 dengan makanan kudapan "Dadar Bingkuang" bertengger di posisi ketiga. 

Sebagai juara umum, tim dengan menu makanan kudapan "Dinsum Bingkuang" asal Kelurahan Lubuk Buaya ini berhasil menjadi juara pertama pada dua kategori dari tiga kategori lomba. Dua kategori tersebut yakni pertama, kategori kreatifitas pengembangan resep dan aplikatif. Kedua, kategori Cita rasa dan tampilan penyajian makanan.

Sedangkan pada Kategori Keamanan pangan, Tim Kelurahan Lubuk Buaya harus puas di posisi ketiga dengan menu makanan kudapan "Mie Bingkuang". Juara pertama direbut Tim Tanah Ombak 2 dengan menu makanan kudapan "Pie Bingkuang", dan menu makanan kudapan "Puding Cake" dengan Tim Tanah Ombak 1 di posisi kedua. 

Lomba yang dibuka Ketua TP PKK Kota Padang, HjHarneli Bahar ini menghadirkan peserta yang berasal dari 104 TP PKK seluruh kelurahan yang ada di Kota Padang dan peserta umum.

Ketua Panitia Lomba Kreasi Pangan Lokal 2019 Padang Kota Bingkuang, Mazhar Putra dalam laporannya menyampaikan, kegiatan lomba dilaksanakan dalam upaya mengembalikan eksistensi Bingkuang di Ranah Minang, dan diharapkan bisa menjadi solusi terhadap permasalahan pengelolaan Bingkuang. 

"Tema yang diangkat dalam lomba  kali ini adalah Mari kita giatkan pengembangan pangan lokal dari kampung kita sendiri untuk mewujudkan generasi yang sehat, aktif dan produktif," ujar Mazhar Putra.

Untuk dewan juri pada Lomba Kreasi Pangan Lokal 2019 Padang Kota Bingkuang ini, Wilsa Hermianti (Praktisi Bingkuang), Dra.Wirnelis Syarif, MPd (UNP) dan Elga (BPPOM di Padang).

Turut hadir dikesempatan itu inisiator Komunitas Padang Kota Bingkuang Azmal AZ, dan tokoh muda peduli Padang Kota Bingkuang, yang juga merupakan caleg DPR RI asal PAN, Athari Gauthri Ardi, didapuk untuk menyerahkan Piala dan hadiah bagi juara umum sebesar Rp.5 Juta ditambah piagam. (ki) 

0 komentar:

Post a Comment

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER