05 January 2019

Wujudkan Padang Kota Sehat, Gedung Baru Puskesmas Andalas Diresmikan


PADANG(GemaMedianet.com Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meresmikan gedung baru Puskesmas Andalas yang berada di Jl. Andalas, Jumat (4/1/2019).

Langkah tersebut sebagai cara peningkatan sarana prasarana kesehatan, sebagai bagian dari 10 program prioritas daerah tentang peningkatan dan pemerataan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Mahyeldi dikesempatan itu berharap, semoga setelah memiliki gedung dan sarana prasarana yang lebih baik, seluruh tenaga medis hingga petugas di Puskesmas tersebut dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. 

“Hal ini bagian upaya pemko mewujudkan Kota Padang sebagai kota sehat. Sehat warganya dan sehat kotanya,” ucapnya sewaktu memberikan sambutan.

Di samping itu kata wako lagi, dengan terus disempurnakannya fasilitas di Puskesmas-Puskesmas di Kota Padang tentu diharapkan layanan akan semakin meningkat. Sebagaimana upaya tersebut bentuk keseriusan Pemko Padang dalam menyiapkan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat yakninya di bidang kesehatan. 

"Keberadaan Puskesmas diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara dekat. Untuk itu petugas dan tenaga medis diharapkan bisa memberikan layanan secara prima. Sehingga siapa saja yang berobat dan keluar dari Puskesmas mereka akan tersenyum berkat primanya pelayanan yang kita berikan," ujar wako.

Dalam peresmian Gedung Puskesmas Andalas tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Padang Muhidi serta beberapa anggota DPRD Padang dapil setempat diantaranya Helmi Moesim, Amrizal Hadi serta lainnya. Juga tampak hadir Kepala RSUD Padang, Kepala DKK Padang, Ketua Baznas Padang, Camat Padang Timur, lurah dan tokoh masyarakat setempat. 

22 Unit Pelayanan Plus Konseling

Kepala Puskesmas Andalas dr. Mela Aryati menyebutkan, Puskesmas Andalas ini dibangun dengan dua tahapan yakni di 2017 dan 2018. Pertama melalui APBN bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat sebanyak Rp.1,2 miliar, dan disusul APBD Kota Padang Rp.1,1 miliar lebih.

“Total anggaran pembangunan Puskesmas Andalas ini menelan biaya sebanyak Rp.2,5 miliar,” ungkapnya.

Mela berharap, dengan gedung baru pihaknya menargetkan semakin meningkatnya pelayanan kesehatan khususnya kepada masyarakat di lingkungan Kecamatan Padang Timur. Dimana Puskesmas Andalas merupakan satu-satunya pilihan masyarakat Kecamatan Padang Timur untuk pelayanan kesehatan. 

“Semoga fasilitas yang lebih baik kita miliki saat ini membuat pasien lebih nyaman ketika dilayani,” harapnya.

Dia juga menjelaskan, pelayanan yang diberikan di Puskesmas Andalas cukup banyak yakni sebanyak 22 unit layanan. Diantaranya pelayanan kesehatan bagi pasien umum, pasien lansia, pasien dengan penyakit tidak menular dan ada Poliklinik ibu dan anak. 

Ia juga menyebutkan, yang membedakan Puskesmas Andalas dari yang lain, adalah adanya pelayanan konseling berhenti merokok, HIV/AIDs serta masih banyak lagi lainnya. "Dan untuk hari ini, kita harus menyelesaikan sebanyak 144 diagnosa yang harus kita tuntaskan di sini,” ujarnya.

Mela berharapan, warga khususnya yang berada di Kecamatan Padang Timur, dengan adanya gedung Puskesmas yang baru dapat lebih nyaman, dan bersama-sama menjaganya. "Sehigga pelayanan kesehatan semakin lebih baik lagi di Puskesmas ini,” tukuknya mengakhiri. (David/Ady)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER