20 January 2019

Peringatan 70 Tahun Gugurnya Chatib Sulaiman, Gubernur Irwan Prayitno Launching Kawasan Car Free Day


PADANG(GemaMedianet.com— Ribuan masyarakat antusias mengikuti Launching Car Free Day (Hari bebas kendaraan bermotor) yang dipusatkan di Kawasan Jalan Chatib Sulaiman, Padang, Minggu (20/1/2019) pagi.

Kegiatan kali pertama dengan gelaran jalan santai ini juga dalam rangkaian peringatan 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman di Situjuah Payakumbuh, Sumatera Barat (Barat), yang saat ini juga diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Kegiatan yang telah dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, serta dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Walikota Padang Mahyeldi, jajaran OPD Provinsi Sumbar dan Kota Padang, keluarga besar Chatib Sulaiman dan undangan lainnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di kesempatan itu mengatakan, penetapan Jalan Chatib Sulaiman menjadi kawasan Car Free Day (CFD) telah melalui kesepakatan dengan seluruh stakeholder yang digunakan untuk aktifitas keolahragaan, pelayanan dan sebagainya setiap hari minggu. Dan  nama Chatib Sulaiman yang melekat dalam kegiatan CFD ini merupakan seorang pahlawan masyarakat Sumbar.

"Mungkin masih banyak dari kalangan generasi muda yang belum mengetahui siapa itu Chatib Sulaiman? Perlu diketahui, Chatib Sulaiman adalah seorang pahlawan masyarakat Sumatera Barat yang gugur saat pertempuran melawan Belanda 70 tahun silam di Situjuah, Payakumbuh," terang Irwan.

Ia juga menyebutkan, pemilihan kawasan Jalan Chatib Sulaiman ini juga beralasan karena kawasan CFD yang telah ada sebelumnya, yakni di kawasan GOR Haji Agus Salim Kota Padang, dan kawasan Pantai Padang sudah cukup padat.

Selain itu, CFD Chatib Sulaiman sudah menjadi hal biasa dan telah menjadi kebutuhan di kota-kota Metropolitan dengan menyediakan sejumlah fasilitas umum, pelayanan publik yang dimulai sejak pagi pukul 06.00 - 10.00 WIB, dan diisi dengan berbagai kegiatan berolahraga.

"Ada yang bersepeda, senam aerobik dan senam lainnya, sepatu roda, dan cabang-cabang olahraga (cabor) yang mau latihan juga dipersilahkan mengambil tempat. Harapan kita dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat bugar dan produktif," ujar Irwan.

Tidak saja itu, lanjut gubernur, juga ada Kegiatan kegiatan lainnya seperti wisata kuliner, tempat berkumpulnya komunitas-komunitas, keluarga dengan membawa anak dan isteri. Bisa dengan jalan santai atau lari. Kemudian ada pemeriksaan kesehatan, donor darah, choacing kesehatan dan informasi kesehatan, pelayanan SIM, serta hiburan seperti band dan sebagainya.

Termasuk wellcome terbadap kehadiran pelaku usaha menengah, kecil dan Mikro (UMKM).  "Tentu kehadiran UMKM di lokasi haruslah tertib, serta tidak mengganggu jalan dan kegiatan CFD," ujarnya.

Gubernur tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas terlaksananya kegiatan launching CFD Chatib Sulaiman, karena tidak semata-mata berkat peran pemerintah provinsi, dan Kapolda beserta jajaran.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada seluruh OPD, baik provinsi maupun Kota Padang, termasuk upaya panitia yang menghadirkan perusahaan-perusahaan yang ada di Sumatera Barat, dan terbilang sukses karena dihadiri ribuan masyarakat.

"Selamat CFD yang pertama dan semoga terus berlanjut serta didukung oleh semua pihak," ujar Irwan.

Gubernur selanjutnya melepas kegiatan jalan santai dan disaksikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit beserta isteri, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal beserta isteri, Walikota Padang Mahyeldi, jajaran OPD Provinsi Sumbar dan Kota Padang, serta keluarga besar Chatib Sulaiman. (imel/uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER