24 January 2019

Padang Gelar Festival Tradisional Serak Gula 5 Februari 2019


PADANG(GemaMedianet.com— Festival Tradisional Serak Gula, sebuah tradisi warga Kota Padang keturunan India, akan digelar di depan Masjid Muhamadhan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang pada 5 Februari 2019. Acara tersebut dijadualkan juga akan dihadiri Kedutaan Besar India dari Jakarta, Gubernur Sumatera Barat, Walikota Padang, Forkopimda Provinsi dan Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan, festival tersebut sebagai bentuk dukungan dan semangat bagi warga keturunan India di Kota Padang dengan memfasilitasi penyelenggaraan acara tradisional Serak Gula yang sudah berumur ratusan tahun. 

Medi Iswandi juga menyampaikan, dengan ditetapkan dan difasilitasi penyelenggaraan festival, maka kegiatan tersebut sudah masuk sebagai kalender tahunan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, dan kegiatan Serak Gula akan terus digelar setiap tahun.

"Festival Serak Gula tradisi Warga Kota Padang keturunan India ini sekaligus sebagai alat pemersatu dan menjaga kerukunan serta selalu menjaga persatuan  dan kesatuan diantara selamanya," ujar Medi Iswandi didampingi Sekretaris Rinaldi Kasim, usai rapat persiapan akhir Festival Serak Gula, Kamis (24/1/2019). 

Selanjutnya Sekretaris Dinas Pariwisata, Rinaldi Kasim mengajak seluruh warga Kota Padang untuk dapat menyaksikan sebuah acara tradisional India yang sudah berumur ratusan tahun. 

"Bahkan, di India sendiri, sebagai negeri asalnya, acara Serak Gula tidak ada digelar, tapi di Kota Padang sudah dimasukan dalam kelender tahunan," ujarnya. 

Rinaldi menambahkan, Dinas Pariwisata akan selalu melestarikan sebuah kekayaan budaya yang dimiliki warga kota Padang. Seperti apa yang dimiliki warga keturunan India di Kota Padang. 

"Kegiatan kita gelar dan kita Festivalkan, sehingga kian menambah khazanah beragam budaya tradisional di Kota Padang, dan sekaligus menjadi alat pemersatu untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Rapat persiapan akhir Festival Tradisional Serak Gula yang  langsung  dipimpin Kadis Pariwisata Medi Iswandi ini juga dihadiri Sat. POL PP,  Dishub, Damkar, Polresta Padang, Humas Kota Padang, Polsek Padang Selatan,  Camat Padang Selatan, Lurah Pasa Gadang dan Pengurus Himpunan Keluarga Muhamadhan. (em/tf)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER