13 Januari 2019

Bebaskan Wanita Dari Kanker Serviks dan Payudara, PKK Padang Panjang Sosialisasikan IVA Test


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com)  Sebagai upaya untuk terbebasnya wanita dari Kanker Serviks dan Payudara, Dinas Sosial PPKBP3A melalui TP-PKK Kota Padang Panjang menggelar Sosialisasi IVA TEST di Aula Kecamatan Padang Panjang Timur, Minggu (13/1/2019).

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Padang Panjang dr. Dian Puspita Fadly Amran dan turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Nova Era Yanthy Asrul dengan peserta dari PKK kelurahan dan kecamatan se-Kecamatan Padang Panjang Timur dan narasumber dari Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) dan Kesmas dr. Faizah.

Dalam sambutannya, Dian Puspita mengatakan kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian yang banyak terjadi saat ini. Ketika seseorang terjangkit kanker ini, sebagian besar berujung pada kematian. Namun penyakit ini dapat dicegah dan diobati, sehingga sangat bergantung dari kondisi penderita.

IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks (leher rahim) secara dini dan mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

Baca Juga : Cara Dini Untuk Cegah Pembunuh Nomor Dua, Kanker Serviks Berkembang

"Kami berharap peserta dapat memahami kanker leher rahim dan mau untuk memeriksakan dirinya, sehingga bisa diantisipasi bila ditemukan adanya gejala," jelas Dian.

Sementara itu, dr. Faizah menambahkan gejala kanker leher rahim diantaranya tidak sakit atau nampak pada gejala awal, tapi pada tahap lanjut mengalami keputihan yang berbau, pendarahan dari liang senggama, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopause.

"Kanker serviks ini bisa disebabkan karena hubungan seksual pada usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, kurang menjaga kebersihan daerah kelamin, sering menderita infeksi daerah kelamin, anak lebih dari tiga, kebiasaan merokok dan infeksi virus herpes dan human papilloma virus tipe tertentu," tambahnya.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan TP PKK, dengan bertemakan "Melalui Sosialisasi IVA TEST Kita Wujudkan Wanita Kota Padang Panjang Bebas Kanker Serviks dan Payudara". (Kominfo/ci)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan