20 January 2019

Ancaman Kanker Serviks, Dinas Sosial PPKBP3A Sosialisasikan IVA Test


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com)— Ketua TP PKK Kota Padang Panjang dr. Dian Puspita Fadly Amran membuka secara resmi Sosialisasi IVA Test bagi wanita Padang Panjang agar terhindar dari Kanker Serviks dan Payudara di Aula Kecamatan Padang Panjang Barat, Minggu (20/1/2019).

Sosialisasi turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Padang Panjang, Nova Era Yanthy Asrul, Camat Padang Panjang Barat Oksah Kebendrip, SH, narasumber dari Puskesmas Kebun Sikolos dr. Deswita, MM, serta seluruh TP PKK tingkat Kecamatan, Kelurahan dan RT.

Ketua TP PKK Dian Puspita menyebutkan, penyakit kanker serviks dan payudara merupakan penyakit yang bisa berdampak pada kematian. Jika seseorang sudah dikatakan terserang penyakit ini, besar kemungkinan jika tidak ditangani secepat mungkin akan mengakibatkan kematian.

"Penyakit ini dapat dicegah dan diobati, itu tergantung pada kondisi penyakit yang diderita," jelas Dian.

Sekaitan itu demi membebaskan wanita dari penyakit berbahaya inilah, unsur dari TP PKK melaksanakan sosialisasi IVA Test.

"Melalui IVA Test, kami berharap wanita di Padang Panjang dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini. Dan kami juga ingin wanita tersebut dengan kemauan sendiri dapat memeriksakan diri mereka," tukasnya.

Sementara itu, Oksah menyampaikan ucapan terimaksih kepada ketua TP PKK atas dukungannya dalam membantu pembangunan untuk Padang Panjang, terutama pada Kecamatan, Kelurahan hingga RT.

Baca Juga : Cara Dini Untuk Cegah Pembunuh Nomor Dua Berkembang

Ada tiga hal yang selalu menjadi pokok utama dalam setiap program PPK dalam membantu pembangunan, yakni di bidang Pendidikan, Kesehatan bahkan Ekonomi.

"Kami sangat bersyukur sekali atas partisipasi dan peranan dari TP PKK, semoga niat baik dan ikhlas mereka dapat memberikan pengaruh yang baik pula untuk daerah," jelas Oksah.

Sejalan dengan itu, dr.Deswita menjelaskan gejala awal pada kanker leher rahim tidak sakit atau tidak nampak, tetapi pada tahap lanjut akan mengalami keputihan yang berbau, pendarahan dari liang senggama, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopause.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terdeteksinya gejala kanker rahim, seperti dari faktor makanan, hubungan seks di waktu muda, suka bergonta-ganti pasangan, kurang menjaga kebersihan kelamin dan masih banyak lagi yang lain.

"Jika mememang ada diantara kita yang melakukan hal seperti itu, diharapkan kita memeriksakan diri sejak dini, agar mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, karena penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian bagi si penderita," jelasnya.

Penutup kegiatan TP PKK Kota Padang Panjang dan seluruh TP PKK melaksanakan deklarasi, sekaligus penandatanganan Deklarasi IVA Test. (Kominfo/ci)

0 komentar:

Post a Comment

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER