23 Desember 2018

Walikota Padang Mahyeldi Serahkan Bantuan Gempa Palu Rp.2,366 Miliar Bangun Sekolah, Masjid dan Perantau


PALU(GemaMedianet.com— Walikota Padang Mahyeldi menyerahkan bantuan bencana gempa, Tsunami dan likuifaksi Sulawesi Tengah sebesar Rp.2,366 Miliar di beberapa lokasi di Kota Palu, Jumat (21/12/2018).

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Alkhairaat dan Masjid sebesar Rp.1,25 miliar, korban bencana dari Ikatan Keluarga Minang Sulawesi Tengah (IKMST) Rp.366 juta, dan Pemprov Sulawesi Tengah sebesar Rp.750 juta. 

Dikesempatan itu, Walikota Mahyeldi yang didampingi Ketua TP-PKK Kota Padang Harneli, Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso, Kepala BPKA Kota Padang Andri Yulika, Kepala Dinas Sosial Amasrul beserta jajaran staf langsung melakukan peletakkan batu pertama pembangunan MIS Alkhairaat di Perumnas Balaora Kota Palu sekaligus penyerahan bantuan pembangunan MIS dan Masjid kepada Ketua Pembangunan MIS Alkahairaat, Mohammad Godal yang juga Wakil Ketua I Baznas Sulawesi Tengah. 

Selanjutnya, Walikota Padang bersama rombongan mendatangi Kantor Guberner Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan Rp.750 juta yang diterima Sekda Sulawesi Tengah Mohammad Hidayat. Dan untuk batuan 366 juta bagi IKMST, Mahyeldi mendatangi Rumah Gadang IKMST di Jalan Kelinci Kota Palu.

Saat penyerahan bantuan pembangunan MIS Alkhairaat dan Masjid, Mahyeldi mengatakan, bantuan itu berasal dari warga Kota Padang, BUMN/BUMD yang ada di Kota Padang, Pengusaha, Kantor Pemerintahan dan penggalangan donasi yang dilakukan masyarakat di beberapa tempat. Selanjutnya, bantuan untuk Sulawesi Tengah dikumpulkan di Baznas Kota Padang. Bantuan juga berasal dari APBD Kota Padang sebesar Rp.750 juta. 

“Pembangunan kembali sekolah dan masjid yang rusak akibat bencana merupakan hal yang paling penting dilakukan. Agar proses belajar mengajar bisa kembali berjalan normal. Karena, dengan pendidikan berkarakter, kita bisa melahirkan generasi masa depan yang cerdas dan berakhlaqul karimah. Hal ini juga kita lakukan saat membantu bencana di Lombok beberapa waktu lalu," ujar Mahyeldi di depan warga Perumahan Balaora.

Begitu juga saat menyerahkan bantuan ke Sekda Hidayat, Mahyeldi mengatakan, bantuan bagi Sulawesi Tengah merupakan bentuk kepedulian dan rasa persaudaraan dari warga Kota Padang. Dimana, di saat Kota Padang dilanda bencana, juga banyak bantuan yang datang dari berbagai daerah dan negara. “Di kondisi seperti ini, kita memang harus saling menguatkan dan saling mendukung,” ungkap Mahyeldi.

Sementara itu, Sekda Hidayat mengatakan terimakasih atas bantuan yang diantarkan langsung ke Kota Palu. “Kehadiran Walikota Padang di Kota Palu menguatkan kami untuk bangkit kembali. Sampaikan terimakasih kami atas bantuan warga Kota Padang yang telah membangun sekolah, masjid, bantuan ke perantau dan ke Pemerintah Sulawesi Tengah yang nantinya akan kami salurkan,” ungkap Sekda Hidayat.

Hal yang sama juga dikatakan Walikota Mahyeldi saat menyerahkan bantuan ke IKMST di Rumah Gadang di Jalan Kelinci Kota Palu, bahwa kepedulian, persaudaraan, saling membantu, tolong-menolong sudah menjadi budaya masyarakat Minang. “Semoga bantuan bagi perantau bisa dijadikan sebagai modal usaha, perbaikan rumah, uang duka, atau untuk keperluan lainnya yang mendesak,” tutur Mahyeldi di depan ratusan anggota IKMST di Rumah Gadang.

Setelah penyerahan di tiga lokasi tersebut, Walikota Mahyeldi dan rombongan berkeliling Kota Palu melihat dampak bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di daerah Balaroa dan kawasan Petopo Kota Palu. (LL)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan