03 December 2018

Walikota Ajak Semua Pihak Wujudkan Padang Panjang Sebagai Kota Inklusi dan Ramah Disabilitas


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) — Walikota Padang Panjang Fadly Amran mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan Padang Panjang ramah terhadap penyandang disabilitas. Ajakan itu disampaikan Walikota Padang Panjang saat membuka Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) ke-26 di Gedung M.Syafe'i, Senin (3/12/2018).

Walikota mengatakan, melalui tema peringatan HDI ke-26 tahun 2018 "Satu Hari Bersama Penyandang Disabilitas" kita wujudkan Padang Panjang Sebagai Kota Inklusi dan Ramah Disabilitas". 

"Dengan sumarak HDI ini, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan Padang Panjang ramah terhadap penyandang disabilitas. Untuk itu, perlu peran kita bersama melakukannya," ujar Fadly.

Kegiatan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dr.Desmon, Dinas Sosial PPKBP3A yang diwakili Sekretaris Dinas Sosial Netti Herawati, SH, Dinas Kominfo Padang Panjang Marwilis, SH,M.Si, Ketua KAN di ketiga Nagari, Tokoh masyarakat, Ketua FPL Muhammad Subhan, Ketua Dewan Pengurus Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Panjang dan tamu undangan.

Fadly juga menyampaikan ucapan syukur atas lahirnya Undang Undang No. 8 Tahun 2016 yang berisi tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas. Undang undang ini untuk menjamin terpenuhinya hak dan kesempatan penyandang disabilitas. Ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur dalam UU tersebut, misalnya hak hidup, pekerjaan, pendidikan, akses fasilitas, hak bebas dari stigma, kesejahteraan sosial dan pelayanan publik.

Tak lupa walikota menyampaikan apresiasi untuk Dinas Sosial PPKBP3A yang telah berusaha untuk melakukan upaya percepatan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas seperti pengadaan kursi roda, hearing AID (alat bantu dengar), tongkat netra, kaki palsu dan banyak lagi yang lainnya.

"Pemko juga tengah berkomitmen menyiapkan akses yang dapat dijangkau oleh penyandang disabilitas, seperti adanya trotoar bagi penyandang disabilitas," tukasnya.

Di sisi lain Novi Hendri menambahkan hari ini merupakan hari istimewa, karena peringatan HDI yang diselenggarakan pertama kali dilaksanakan di Padang Panjang. Beliau juga mengatakan akan memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas yang ada di Padang Panjang.

"Kami akan memberikan perhatian yang lebih lagi untuk penyandang disbilitas dengan memicu semangat mereka dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan," jelasnya.

Penghujung acara walikota bersama Ketua DPRD memberikan paket kepada penyandang disabilitas berat dan ikut memberikan dukungan dalam bentuk tulisan. (Kominfo/ci)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge