Ruang Iklan Anda

08 December 2018

Padang Peringati Hari Disabilitas Internasional, Mahyeldi : Bagian Dari Keberagaman


PADANG, (GemaMedianet.com) Pemerintah Kota Padang memperingati Hari Disabilitas Internasional di kawasan ramah disabilitas Jalan Permindo, Sabtu (8/12/2018). Hari Disabilitas Internasional yang jatuh 3 Desember tersebut, diperingati Kota Padang setiap tahunnya.

Dikesempatan itu, Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, peringatan Hari Disabilitas perlu dilakukan untuk merefleksikan persoalan yang dihadapi penyandang disabilitas. Mulai dari hak azasi, identitas sosial, relasi sosial, aksesibilitas, aspek politik, budaya dan ekonomi. 

"Tanpa disadari, hampir semua bidang kehidupan penyandang disabilitas masih saja terdiskriminasi. Ada anggapan dari sebagian masyarakat, urusan penyandang disabilitas merupakan urusan pemerintah saja. Padahal, tanggungjawab bersama," ujar Mahyeldi.

Menyadari permasalahan disabilitas, Mahyeldi menjelaskan, Pemko Padang  ingin menggeser pradigma berpikir sebagian orang, bahwa penyandang disabilitas bukanlah objek pembangunan tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri.

"Penyandang disabilitas bukanlah merupakan bagian dari permasalahan, tetapi bagian keberagaman masyarakat dengan kemampuan yang berbeda," ungkap Mahyeldi. 

"Dan apabila diberikan kesempatan, mereka bisa mengukir prestasi. Baik di bidang olahraga, mapun pendidikan," tambahnya lagi.

Dijelaskan, Pemko Padang telah mengakomodir penyandang disabilitas menjadi PNS, dan berkomitmen mendorong pemenuhan dan perlindungan hak-hak terhadap penyandang disabilitas dengan konsep pembangunan ramah disabilitas.

"Komitmen itu telah tertuang pada Peratuaran Daerah Nomor 3 tahun 2015 tentang pemenuhan dan perlindungan Hak penyandang Disabilitas. Dan Kota Padang yang pertama di Sumatera Barat menerbitkan peraturan daerah  terkait disabilitas," tutur Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Amasrul, mengatakan, peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini, Kota Padang menggelar berbagai perlombaan dan penyerahan bantuan bagi penyandang disabilitas.

"Disamping pembangunan ramah disabilitas, Pemko Padang juga mengadakan berbagai pelatihan keterampilan. Termasuk kerjasama dengan Balai Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa Cibinong Bogor," terang Amasrul. (Zal)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER