31 December 2018

Kapolda Irjen Pol Fakhrizal : Situasi Kamtibmas Sumbar Sangat Kondusif, Penyelesaian Perkara Meningkat


PADANG(GemaMedianet.com— Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kepolisan Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) sangat kondusif, dan tidak ada kejadian atau kasus-kasus menonjol yang menjadi perhatian.

"Alhamdulillah, selama tahun 2018 daerah kita Sumatera Barat sangat kondusif," ungkap Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum dalam konferensi pers akhir tahun 2018 yang digelar di Ruang Rapat Utama Mapolda Sumbar, Senin (31/12/2018).

Dalam konferensi pers yang dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Drs Damisnur. AM, SH, MM, Irwasda Kombes Pol Drs Kasihan Rahmadi, SH,MH, dan pejabat utama Polda Sumbar, serta wartawan media cetak, elektronik dan online di Kota Padang tersebut, Kapolda juga menyampaikan, selama tahun 2018 jumlah kasus atau kejadian yang terjadi mengalami penurunan dibanding tahun 2017. 

"Jika tahun 2017 jumlah kasus yang ditangani Polda Sumbar sebanyak 16.098 maka di tahun 2018 turun sebesar 15 persen, yakni sebanyak 13.655 kasus," terang Kapolda. 

Sementara untuk Crime Clearance (Penyelesaian kasus) di tahun 2017 sebesar 45,8 persen, sedangkan di 2018 meningkat hingga sebesar 61,4 persen.

"Dengan demikian penyelesaian kasus di tahun 2018 naik sebesar 15,7 persen dibanding tahun 2017. Untuk itu kita berikan apresiasi terhadap kinerja Dirkrimum, Dirkrimsus, dan Dirnarkoba," tukasnya. 

Sementara untuk kasus yang banyak terjadi, ujar Kapolda menambahkan, adalah Kejahatan konvensional seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, dan kejahatan ringan lainnya.

Selain itu, Kapolda juga memaparkan terkait data dan kasus Lakalantas, Narkoba dan kriminal lainnya. 

Seperti diketahui penyelenggaraan Konferensi Pers ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Polda Sumbar jelang tutup akhir tahun. Di kesempatan itu Kapolda menyampaikan konferensi pers yang berkaitan dengan situasi dan kondisi Kamtibmas terkini, serta evaluasi dan implementasi kegiatan selama satu tahun kepada media pers yang difasilitasi Kabid Humas Polda Sumbar. (em)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER