12 December 2018

BPS Sumbar Gelar Capacity Building Bagi Wartawan dan MoU Dengan UIN Imam Bonjol


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka ekspos data statistik 2018, dan penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat menggelar peningkatan wawasan statistik bagi wartawan bertajuk "Capacity Building" yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Padang, Rabu (12/12/2018).

Kepala BPS Sumatera Barat Dr. Ir. Sukardi, M.Si dalam sambutannya memaparkan fungsi dari BPS.

Dituturkannya, berdasarkan undang-undang ada empat poin penting tugas dan peranan yang harus dijalankan oleh BPS. Yakni (1). Menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. 

"Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri, dan dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder," ujarnya.  

Kemudian, (2).Membantu kegiatan statistik di departemen, lembaga pemerintah atau institusi lainnya, dalam membangun sistem perstatistikan nasional. 

(3). Mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, serta menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik. 


(4). Membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia.

Ia juga mengatakan, bahwa BPS merupakan lembaga yang independen yang siap memberi data kepada masyarakat. "Bahkan BPS juga siap menerima kritikan dalam pemberian berbagai data," tukasnya.

Sementara itu Dekan UIN Ahmad Wira dikesempatan itu sangat mengapresiasi BPS yang berkenan menjalin kerjasama dengan UIN Imam Bonjol Padang.

Peningkatan Capacity Building yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB ini diisi dengan berbagai bidang materi yang membuka wawasan statistik bagi wartawan, dan undangan lainnya. Diantaranya Bidang Statistik Sosial,  Bidang Statistik Distribusi, Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik, Bidang Statistik Produksi, Bidang Integrasi Pelayanan dan Diseminasi Statistik (IPDS), serta bidang pers terkait pemberitaan ekonomi dan keuangan.

Kegiatan yang berakhir pukul 18.00 WIB tersebut juga diisi dengan tanya jawab, doorprize, dan point test bagi wartawan, serta penilaian media tercepat mengekspos kegiatan Capacity Building. (uki)

#statistik

0 komentar:

Post a Comment

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge