20 November 2018

Porprov Sumbar XV di Padang Pariaman Ditabuh, Ajang Seleksi Atlet ke Tingkat Nasional, Regional & Internasional


Padang Pariaman, (GemaMedianet.com)— Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat (Porprov Sumbar) ke XV resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat Senin (19/11/2018) malam di GOR Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman.

Pembukaan yang berlangsung semarak itu diawali parade 19 kontingen dari kabupaten dan kota se Sumbar, dan dilanjutkan dengan penyalaan api obor Porprov dan penyerahan piala bergilir porprov dari juara umum Porprov 2016 dari Walikota Padang Mahyeldi kepada Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni sebagai tuan rumah.

Decak kagum dan tepuk tangan para undangan kian memacu semangat 5.000 siswa-siswi se Kabupaten Padang Pariaman dalam mempersembahkan Tarian Kolosal Galatiak Nan Tongga yang dikomandoi Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Puncaknya, ketika kembang api dilepaskan ke udara mewarnai langit GOR Sungai Sariak dan penampilan group band terkenal "drive".

Porprov yang diikuti sebanyak 7000 lebih atlet dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, dengan mempertandingkan 35 cabang olahraga ini dihadiri Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, anggota DPR dan DPD RI asal  Sumbar, serta Forkopimda dan bupati/walikota se-Sumbar, pengurus KONI Sumbar dan kabupaten/ kota.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dikesempatan itu mengharapkan Porprov ke XV menjadi barometer prestasi olahraga di Sumbar. "Sebagai ajang seleksi atlet yang akan mewakili Sumbar pada Porwil 2019 di Provinsi Bengkulu, sekaligus PON 2020 di Papua," ungkapnya.

Sementara, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menyampaikan, penyelenggaraan Porprov Sumbar ke XV 2018 di Kabupaten Padangpariaman memiliki sejumlah keutamaan dibanding penyelenggaraan Porprov periode sebelumnya. 

Perbedaan itu, sebutnya terletak pada sentuhan teknologi informasi yang tidak ditemukan pada penyelenggaraan Porprov tahun sebelumnya.

"Dengan penerapan teknologi berbasis aplikasi ini membuat pertandingan dari seluruh cabang olahraga dapat dipantau perkembangannya. Seperti jadual pertandingan, hasil pertandingan, raihan medali, yang dapat diakses melalui portal resmi http://porprov.padangpariamankab.
go.id.

Ketua KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mengatakan, Porprov yang diselenggarakan kali ini sangat strategis. Sebab dapat menjadi ajang seleksi pencarian bibit atlet yang akan dikirimkan mewakili Indonesia pada Sea Games 2019 dan Olimpiade 2020.

Seperti diketahui, gelaran Porprov XV berlangsung mulai 19 hingga 28 November 2018 mendatang. Sedangkan maskot yang dipilih tuan rumah adalah Karambia (kelapa) karena daerah ini dikenal sebagai penghasil kelapa terbesar di Sumbar. 


0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge