07 November 2018

Pemko Padang Gandeng REI Sumbar Bangun Taman Tiap Kecamatan


PADANG, (GemaMedianet.com) Pemerintah Kota Padang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di salah satu hotel berbintang di Padang, Selasa (6/11/2018).

Diskusi ini dalam rangka membahas berbagai bentuk dan upaya Pemerintah Kota Padang yang akan dikerjasamakan dengan Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Barat (Sumbar) tentang rencana penyediaan taman kota dalam perspektif pengembangan perumahan skala menengah di Kota Padang.

Walikota Padang diwakili Kepala Bappeda Hervan Bahar menuturkan, sasaran digelarnya FGD tersebut dilatarbelakangi dari salah satu bagian program unggulan Walikota-Wakil Walikota Padang terpilih Mahyeldi-Hendri Septa periode 2019-2023. Yaitunya upaya revitalisasi sarana-prasarana olahraga tingkat RT/RW dan membuat taman kota per kecamatan serta membangun pusat kreatifitas dan inovasi pemuda (youth center).

“Pernyataan dalam progul tersebut mengandung banyak makna, sasaran yang harus kita wujudkan ke depan. Namun tetap bisa direalisasikan dalam satu lokasi kegiatan yang disebut taman kota, karena fungsinya bagi kehidupan masyarakat sangatlah multi dimensi. Bisa sebagai tempat berkumpul bersama bagi masyarakat dan keluarga, tempat beristirahat, rekreasi, sarana olahraga, panggung seni dan budaya serta lokasi untuk melakukan penyegaran membangkitkan kreatifitas dan inovasi para pemuda,” terang Hervan.

Ia melanjutkan, mengingat begitu besarnya fungsi taman kota bagi kehidupan masyarakat, maka Pemko Padang memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya dengan upaya penyediaan lahan yang memadai dalam pembangunan taman kota per kecamatan sebagai pusat aktivitas dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

‘‘Dari aspek lingkungan hidup keberadaan taman kota merupakan bagian dari ruang terbuka hijau (RTH). Keberadaannya di tengah dinamika pembangunan kota saat ini sangat vital karena juga menjaga keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam,” cetusnya.

Hervan pun mengakui  pembuatan taman kota saat ini masih bersifat insidentil dan secara sporadis yang belum mempunyai perencanaan yang matang dan terpadu. Sehingga tidak dipungkiri, juga terdapatnya beberapa kasus peralihan fungsi lahan RTH menjadi tempat berdirinya bangunan liar dan pedagang kaki lima (PKL).

“Melalui progul dari pak Mahyeldi dan Hendri Septa, kita harapkan 5 tahun ke depan Pemko Padang dapat membangun taman kota di tiap kecamatan. Mari kita dukung bersama karena manfaat dan fungsinya begitu banyak bagi masyarakat,” tukasnya.

Dalam upaya rencana penyediaan taman kota dalam perspektif pengembangan perumahan skala menengah di Kota Padang, Pemko Padang menggandeng REI yang didahului melalui digelarnya FGD. Alasan memilih Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia itu diharapkan REI bersama anggotanya tidak hanya mengajukan untuk pembangunan perumahan itu dalam skala yang kecil seperti 1 atau hanya 2 hektare lagi. Tapi bagaimana bisa melebihi 10 sampai 20 hektare di Kota Padang.

“Ke depan, minimal terdapat satu RTH di masing-masing kecamatan, dimana untuk saat ini kita sudah memiliki beberapa taman di pusat kota. Kita berharap REI memberikan sumbangsih dalam percepatan penyediaan taman kota di masing-masing kecamatan tersebut," katanya. 

Ketua DPD REI Sumbar, Hendra Gunawan mengatakan, DPD REI Sumbar sangat mendukung progul Walikota-Wakil Walikota Padang terpilih Mahyeldi-Hendri Septa dalam pengadaan taman kota di setiap kecamatan.

''Atas adanya kerjasama dengan Pemko Padang ini, REI yakin dan optimis karena  juga terbantu baik dalam penyediaan lahan atau urusan perizinan. Untuk itu kita siap mensukseskannya," tukuknya.

FGD ini juga dihadiri perwakilan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, perwakilan pengurus DPP REI Pusat, Kepala Dinas PUPR Padang Fatriarman Noer serta pihak terkait lainnya. (David)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan