19 November 2018

Padang Galang Donasi Untuk Pesantren Pertama di Amerika, Hanya Semalam Terkumpul 732 Juta Lebih


PADANG, (GemaMedianet.com) Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menunjukkan kepeduliannya terhadap pengembangan syiar keislaman, yang tak hanya ada di daerah yang ia pimpin, namun juga sampai ke mancanegara.

Hal itu dilihatkan pemimpin di Kota Padang itu dengan ikut menggalang donasi yang dikumpulkan dari Pemko Padang, Baznas Kota Padang serta para pengusaha ternama di kota itu yang diperuntukkan kepada Pondok Pesantren "Nur Inka Nusantara Madani" selaku pesantren pertama yang dibangun di Newyork, Amerika Serikat. Bantuan itu dikumpulkan dan diserahkan secara simbolis Walikota Mahyeldi yang diterima Pendiri dan Presiden Nusantara Foundation, Shamsi Ali di Rumah Dinas Walikota Padang, Minggu malam (18/11/2018).

Menurut walikota yang juga seorang da'i tersebut, pemerintah dan masyarakat di Kota Padang memang "care" dengan sesama muslim baik di Indonesia atau pun negara lainnya. Salah satunya seperti ikut menggalang dana untuk kemerdekaan Palestina, Rohingya dan lainnya. 

"Termasuk baru-baru ini kita juga menggalang donasi untuk bantuan bencana alam yang terjadi di Lombok begitu juga di Palu dan sekitarnya," tukasnya.

Ditambahkan Mahyeldi, sebagai lokomotivnya dunia, Amerika sangat tepat dijadikan tujuan pengembangan Islam disertai negara-negara maju lainnya. "Kita tentu berharap, melalui Nusantara Foundation yang dipimpin pak Shamsi Ali selaku imam besar di Newyork dapat terus mengembangkan syiar Islam di sana. Dan kita di Kota Padang insya Allah siap mendukungnya," tukuk wako.

Dalam penggalangan donasi tersebut, untuk di pertemuan malam itu telah terhimpun dana secara simbolis sebanyak Rp.732 juta. Diperkirakan donasi pun akan masih terus bertambah, mengingat tingginya antusias pemko dan para pengusaha di Kota Padang dalam membantu kemajuan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Newyork ke depan.

Program perdana Nusantara Foundation

Sementara itu, Shamsi Ali menyampaikan, terkait Nusantara Foundation yang digagasnya jelasnya, yaitu merupakan organisasi pelayanan sosial berbasis agama, budaya, pendidikan dan 'interfaith' dialog yang bertujuan mempromosikan dialog antar agama dan kerjasama yang saling menguntungkan diantara umat Islam dan sesama masyarakat.

"Program perdana Nusantara Foundation adalah pembangunan pondok pesantren pertama di Amerika yang dipersembahkan oleh Indonesia. Pesantren ini berlokasi di Kota Moodus Connecticut, Newyork dengan memiliki luas tanah 7,5 hektar. Alhamdulillah saat ini kita tengah melakukan beberapa pembangunan seperti pembangunan masjid, asrama, kelas, dapur umum dan fasilitas lainnya," sebut pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, 5 Oktober 1967 itu.

Ia menambahkan, keberadaan Pondok Pesantren Nur Inka Madani bertujuan untuk melahirkan atau membentuk generasi atau umat muslim yang berkarakter nusantara yang penuh cinta kasih serta berperadaban tinggi. 

"Muslim dengan karakter nusantara yang kita maksud adalah ramah, bersahabat, berkemajuan, independen, merangkul demokrasi dan pluralitas serta mengedepankan cinta damai dan kerjasama. Intinya pesantren ini dihadirkan di Amerika Serikat sebagai wujud tanggung-jawab bangsa Indonesia untuk menampilkan Islam yang 'rahmatan lil alamin'," cetusnya.

Lebih lanjut disebutkan, adapun untuk kegiatan di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani hingga saat ini antara lain seperti visit pesantren, halal tours, global leadership program, nusantara cup, pelaksanaan salat Jumat serta syiar keislaman lainnya.

"Untuk itu atas nama yayasan Nusantara Foundation dan Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani, kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas donasi yang digalang Kota Padang kali ini," tukuknya mengakhiri.

Dalam penggalangan donasi pada Minggu malam itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar Gupardi Gaus, CEO El  Corps Elidawati, GM PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Armen Amir, Ketua TP-PKK Padang Hj. Harneli serta para pengusaha dan tokoh agama di Kota Padang.

Seperti diketahui, donasi untuk Nusantara Foundation dan Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani dapat dikirim melalui Bank Mandiri dengan nomor rekening 1240000018185 a.n Inka Nusantara Madani. Kemudian TD bank Nusantara Foundation, Inc No. 4341946957 swift code: NRTHUS33xxx Alamat bank: 593 Third Avanue, New York, NY 10016. (Rel/David)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge