28 November 2018

Bundo Kanduang Se-Kecamatan Padang Barat Jaga Kelestarian Adat dan Budaya Minangkabau


PADANG, (GemaMedianet.com) Pemerintah Kota Padang mengapresiasi atas digelarnya Lomba-lomba Adat dan Budaya Minangkabau antar Bundo Kanduang Kelurahan se-Kecamatan Padang Barat. Lomba tersebut diantaranya Pidato Adat Bahasa Minang, Lomba Pakaian Adat Asli Minangkabau dan Lomba Sumbang Duo Baleh.

Demikian disampaikan Walikota Padang yang diwakili Staf Ahli Dian Fakri pada kegiatan lomba yang dilangsungkan di pelataran parkir Kantor Kecamatan Padang Barat, Selasa (27/11/2018).

Menurut Dian, lomba ini melihatkan eksistensi dari para Bundo Kanduang dalam hal ini di Kecamatan Padang Barat.

“Semoga eksistensi para Bundo Kanduang di kecamatan ini dapat menjaga kelestarian adat, seni dan budaya Minangkabau di tengah-tengah masyarakat. Kalau bukan kita siapa lagi,” cetus mantan Kepala Sat Pol PP Padang itu.

Dikatakannya lagi, dalam menjaga kelestarian adat, seni dan budaya Minangkabau bukanlah tugas Bundo Kanduang semata. Namun adalah tanggung-jawab seluruh unsur dan elemen di bumi Minangkabau.

“Walaupun Padang sudah metropolitan namun dasar adat budaya kita harus dijaga. Jadi, lomba-lomba yang dihelat kali ini bukan pemenangnya yang kita utamakan. Tapi bagaimana seluruh beragam adat dan budaya Minangkabau itu terus lestari dan dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari sampai kapanpun. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kecamatan lainnya di Kota Padang,” ujarnya.

Seperti diketahui Lomba-lomba Adat dan Budaya Minangkabau yang diikuti antar Bundo Kanduang Kelurahan se-Kecamatan Padang Barat ini digelar merupakan bahagian upaya Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat dalam melestarikan adat istiadat Minangkabau bagi masyarakat khususnya generasi muda melalui penerapan filosofi Adat Basandi Syara'-Syara'Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Lomba ini juga sekaitan menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Bundo Kanduang ke-44 dan Hari Ibu tahun 2018. Selanjutnya ajang silaturahmi sekaligus mengevaluasi program kerja Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat sejauh ini,” kata Panitia Pelaksana Lomba Hj. Darwati.

Terkait lomba, katanya, diikuti Bundo Kanduang, Rang Mudo dan Puti Bungsu antar 10 kelurahan se-Kecamatan Padang Barat. Untuk temanya yaitu "Mari kita lestarikan adat dan budaya Minangkabau dengan pakaian, permainan, makanan dan kebiasaan yang dilakukan di Minangkabau untuk generasi muda kita di Kecamatan Padang Barat.

"Kita berharap, kegiatan ini tak sekedar lomba semata, namun bagaimana apa yang dilombakan itu dapat kita realisasikan dan implementasikan di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Bundo Kanduang Sumbar, Bundo Kanduang Kota Padang Hj. Nurhaida Syofian, Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat Ny Fauziah Zainin, LKAAM Sumbar dan Padang serta pemerhati adat dan budaya lainnya. (Rel/David)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan