25 October 2018

Wamen ESDM Resmikan Sumur Bor Air Bersih Tanah di Pesantren Modern Terpadu Prof.Dr. Hamka II Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar meresmikan sumur bor air tanah bantuan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah selesai dibangun di lingkungan Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof.Dr. Hamka II Padang, Kamis (25/10/2018).

Peresmian sumur bor air tanah bantuan bersumber dari APBN itu dihadiri Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan pada Badan Geologi Kementerian ESDM Andiani, Anggota DPR RI Mulyadi, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Ketua Umum Yayasan Wawasan Islam Indonesia (YWII) Sumbar Jasrial beserta segenap pengurus dan pengasuh di PMT Buya Hamka II itu. 

Seperti diketahui, pesantren modern terpadu untuk tingkat SMP dan SMA yang berada di Jl. Bypass Km No.15 Aia Pacah, Kecamatan Koto Tangah itu, sebelumnya memang menimbulkan keprihatinan atas susahnya mendapatkan air bersih bagi warga pesantren atau masyarakat setempat. 

Arcandra Tahar juga menyampaikan, peresmian menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018 ini telah dapat secara penuh digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Di samping itu juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung oleh Komisi VII DPR RI memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Salah satunya yaitu pengentasan daerah yang sulit air bersih di Indonesia melalui kegiatan pengeboran air tanah dalam. Terutama bagi beberapa daerah di wilayah Sumbar yang dinilai masih mengalami permasalahan terhadap penyediaan air bersih karena kondisi alam dan lainnya," terangnya.

Arcandra menyebutkan, tahun anggaran 2018, Badan Geologi Kementerian ESDM menargetkan sebanyak 9 unit sumur bor dapat dibangun di Sumbar dengan tersebar di 7 wilayah kabupaten/kota. Namun sampai dengan  Oktober ini, hanya 5 unit sumur bor yang  selesai dikerjakan. Adapun 4 unit sumur bor lainnya masih dalam proses pengerjaan yang ditargetkan selesai November mendatang.

"Untuk Kota Padang sebanyak 2 unit, selain di PMT Buya Hamka II ini juga di Masjid Baitul Ihsan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji. Sementara di luar Kota Padang yaitu di Kabupaten Agam, Dharmasraya dan Lima Puluh Kota sama-sama 1 unit," ungkap pria kelahiran Padang Sumatera Barat itu.

Sementara itu Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan pada Badan Geologi Kementerian ESDM, Andiani menambahkan, sumur bor tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman antara 99 meter sampai 125 meter, dengan kapasitas debit air setiap sumur mencapai 2 sampai 2,5 liter per detik  dan konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inchi.

"Sedangkan, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 15 kVA menggunakan pompa selam (sumbersible) 3 PK dan dilengkapi rumah genset, rumah pompa serta bak penampungan air berkapasitas 5000 liter. Setiap sumur bor ini mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2800 jiwa," tukasnya.

Peresmian sumur bor tersebut ditandai penandatangan prasasti sumur bor dan pengguntingan pita oleh Wamen ESDM Arcandra Tahar yang disaksikan seluruh hadirin. (David /Faisal)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge