22 October 2018

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Peringatan Hari Santri Nasional Ke-4

PADANG, (GemaMedianet.com) — Sejarah mencatat, santri memiliki peran yang cukup besar  dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Dengan caranya masing-masing, santri bergabung dengan seluruh elemen bangsa, melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, dan mengajarkan kesadaran tentang arti kemerdekaan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kesra Kota Padang, Jamilus saat melepas ribuan peserta pawai santri dalam rangka Hari Santri Nasional ke-4 tingkat Kota Padang di lapangan GOR H. Agus Salim, Senin (22/10/2018).

Lebih lanjut dikatakan, penetapan Hari Santri Nasional tidak akan menimbulkan sekat-sekat sosial atau memicu polarisasi antara santri dengan nonsantri. Justru sebaliknya, akan memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal rasa cinta tanah air, memperkokoh integrasi bangsa, serta memperkuat tali persaudaraan.

"Penetapan hari santri Nasional dilakukan agar kita selalu ingat untuk meneladani semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara," ujar Jamilus.

Dengan mewarisi semangat itulah,  para santri masa kini dan masa depan, baik yang di pesantren atau di luar pesantren dapat memperkuat jiwa religius keislaman sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan. (yt)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge