04 October 2018

Fasilitas Umum Dua Kawasan Wisata Pessel Rusak Diterjang Longsor


PESSEL, (GemaMedianet.com) — Curah hujan yang cukup tinggi dan berlangsung lama di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (3/10/2018) mengakibatkan sejumlah fasilitas umum kawasan wisata Air Terjun Bayang Sani Kenagarian Koto Baru, dan Koto Barapak Kecamatan Bayang mengalami kerusakan tertimbun longsor.

Peristiwa longsor yang dipicu oleh hujan deras sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB itu juga merusak pipa saluran air PDAM yang digunakan warga.

Salah seorang warga di kawasan itu, Yusmardi mengatakan, sejumlah fasilitas umum di tempat wisata yang tertimbun material longsor, diantaranya tempat persinggahan pengunjung dan beberapa tempat lainnya. 

Bahkan, longsor juga merusak pipa saluran air PDAM yang digunakan warga. Akibatnya satu Kecamatan Bayang air PDAM mati total. "Diperkirakan kondisi air mati itu bisa berselang lama, dan berdampak terhadap sulitnya untuk mendapatkan air bersih," ungkapnya seperti dilansir Rakyat Sumbar, Kamis (4/10/2018).

Untuk itu, Yusmardi berharap kondisi ini secepatnya disikapi dan dilakukan upaya perbaikan.

Mendapat informasi sedemikian, Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Pessel beserta BPBD setempat langsung mengunjungi kawasan wisata tertimbun longsor tersebut. Bupati Pessel diwakili Sekda Erizon mengatakan, pemkab segera memperbaiki kawasan tersebut, terutama perbaikan saluran air PDAM.

Sementara terkait kerugian yang dialami akibat peristiwa tersebut, masih belum dapat diperkirakan oleh BPBD. "Belum dapat dipastikan berapa total kerugian, namun saat ini alat berat sudah digerakkan ke lokasi, " tukasnya. (Rn S/mg)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge