08 October 2018

Doa Untuk Palu dan Donggala Menggema di Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) —Peristiwa gempa yang melanda Kota Padang 30 September 2009 lalu diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang. Peringatan itu bukan untuk menjemput luka lama, tapi mengambil hikmah dan pelajaran dari bencana. Bahwa harus disadari, kesiapsiagaan terhadap bencana merupakan suatu keharusan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel saat mewakili Walikota Padang pada acara Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang di Monumen Gempa Kota Padang Jalan Khairil Anwar, Minggu sore (30/9/2018).   
   
“Gempa Lombok, Palu dan Donggala kemarin semakin memantapkan semangat kita untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam bencana,” ujar Asnel.

Dijelaskan, seluruh warga Kota Padang harus memiliki pengetahuan dan informasi tentang bencana. Agar, percaya diri, terampil dan siap menghadapi bencana yang tak tentu kapan datangnya. “Untuk itu seluruh insan kebencanaan Kota Padang harus semakin gencar mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat. Begitu juga dengan masyarakat, harus peduli dan mengedukasi dirinya dalam menghadapi bencana. Mari kita wujudkan Padang sebagai Kota Cerdas Bencana,” imbuh Asnel.

Dikesempatan itu, sembari berdoa untuk korban gempa Kota Padang, peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang juga menggelar doa dan menggalang donasi bagi korban gempa Lombok, Palu dan Donggala. “Mari kita “badoncek” meringankan beban saudara kita yang dilanda bencana. Sebagaimana, beban dan duka kita telah diringankan dengan bantuan dari saudara-saudara kita saat dilanda bencana,” tambah Asnel.

Minggu lalu, sebut Asnel, kita sudah menyerahkan bantuan dari warga Kota Padang sebesar 1,25 miliar bagi korban gemba Lombok. "Dan untuk korban gempa Palu dan Donggala kita menargetkan lebih besar lagi,” imbuhnya lagi. 

Kegiatan itu juga dihadiri penggagas pembangunan monumen gempa, Walikota Padang periode 2004-2014 Fauzi Bahar, dan Tuako (Ketua) Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang Andreas Sofiandi, insan bencana Kota Padang serta masyarakat Kota Padang. Dikesempatan itu juga diserahkan penghargaan sekolah terbaik dalam kegiatan sekolah cerdas bencana. 

Aksi Pengalangan Dana 

Menindaklanjuti imbauan Walikota Padang tentang penggalangan donasi bagi korban gempa Palu dan Donggala, SKPD Kota Padang terus menghimpun dana diberbagai kegiatan dan acara.

Minggu pagi (30/9), BPBD Kota Padang menggalang donasi di kawasan GOR H. Agus Salim sambil melaksanakan kampanye kesiapsiagaan bencana gempa dan tsunami. Dan terhimpun dana sebesar 3 juta bagi korban gempa Palu dan Donggala dari peserta senam PORPI. (LL/Fsl)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge