11 September 2018

Paripurna DPRD, Wako Padang Sampaikan Nota Penjelasan Penyertaan Modal Pemko ke Bank Nagari



PADANG, (GemaMedianet.com) — PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Bank Nagari) sebagai salah satu Bank yang ada pada sistem Perbankan nasional memiliki fungsi dan peran yang signifikan dalam  konteks pembangunan ekonoemi regional. Terlebih lagi Bank Nagari mampu membuka jaringan pelayanan hingga ke daerah-daerah dan scara ekonomis  dapat menjangkau lapisan masyarakat bawah.

Demikian disampaikan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dalam nota penjelasan pemerintah terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyertaan Modal Pemko Padang kepada Bank Nagari pada Rapat Paripurna DPRD Kota Padang di Gedung Bundar Sawahan, Senin (10/9/2018).

Walikota juga menyebutkan, sejak berdiri pada 12 Maret 1962 sampai saat ini keberadaan lembaga keuangan ini sudah banyak dirasakan masyarakat umumnya, dan pelaku usaha khususnya. Baik dalam bentuk permodalan, kredit atau produk perbankan lainnya. Sementara untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Nagari membutuhkan suntikan dana dalam memperkuat modal, salah satunya melalui penyertaan modal oleh pemerintah daerah. 

"Harapannya Bank Nagari akan mampu bertahan, dan tetap memberikan kontribusi kepada daerah di samping ‘deviden’ yang diterima pemerintah daerah dari hasil penyertaan modal tersebut,” terang Mahyeldi pada Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti.

Hal ini sejalan dengan upaya dalam mencari sumber pendapatan daerah, di samping pajak dan retribusi daerah. Hingga saat ini modal Pemko Padang yang telah ditanamkan pada Bank Nagari tahun 2016 lalu sebesar Rp.69 miliar lebih. Begitu juga untuk lima tahun ke depan, 2019-2024 akan menambah penyertaan modal sebesar Rp.75 miliar. Sehingga total keseluruhan modal yang ditanamkan akan menjadi sebesar Rp.144.720.000.000. 

Menurut Mahyeldi, penyertaan modal ini menunjukkan komitmen Pemko Padang untuk membesarkan Bank Nagari dengan harapan agar pembiayaan yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat juga dapat terpenuhi dalam meningkatkan perekonomian Kota Padang.

“Dengan penyertaan modal ini ratio permodalan Bank Nagari harapannya tentu akan semakin meningkat. Pada gilirannya dapat menambah kepercayaan publik untuk tetap eksis dan berkembang,” ucapnya. 

Sementara bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemko Padang, tentu dapat memanfaatkan kemudahan dari layanan produk-produk Bank Nagari dalam meningkatkan usaha atau pendanaan yang bersifat konsumtif, imbuhnya. (em/rel) /rel)

0 komentar:

Post a Comment

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER