27 September 2018

Kontes Ternak dan Livestock Expo Peternakan Kesehatan Hewan Tingkat Sumbar 2018 di Pessel Resmi Dibuka


PESSEL, (GemaMedianet.com)  - Kontes ternak dan livestock Expo peternakan kesehatan hewan 2018 tingkat Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni di Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, Kamis (27/9/2018).

Sebanyak 180 ekor ternak unggulan se-Sumbar dipastikan tampil pada ajang tersebut hibgga Sabtu (28/9). 

Bupati Pessel Hendrajoni dikesempatan itu memberi apresiasi atas diselenggarakannya acara expo peternakan sebagai upaya untuk terus menggenjot sektor peternakan, baik peternak, kelompok ternak, penyuluh dan petugas peternakan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan terjaring bibit ternak unggul, meningkatkan investasi agbribisnis peternakan serta meningkatkan pengetahuan peternak dan pelaku usaha dibidang terkhnologi informasi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, iven ini bertujuan untuk menyambut teknologi peternakan demi pembangunan Pesisir Selatan ke depannya. Juga bertujuan untuk mempromosikan peternakan di Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus jadi ajang promosi produk-produk lokal Pessel. "Penyelenggaraan akan berlangsung selama tiga hari dengan diikuti 15 Kabupaten/kota serta 1500 kontingen," tukasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar, Drh. Erinaldi MM dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat dan instansi terkait untuk menjadikan kontes livestock expo tahun 2018 dan Kontes Ternak kali ini menjadikan peternakan dekat dengan keluarga. "Kami memiliki komitmen untuk melaksanakan program ini setiap tahunnya," terangnya. 

Disebutkannya, di Sumbar terdapat kurang lebih 40 ribu ekor ternak potong yang akan terus dikembangkan, sebagai potensi usaha yang bisa membawa nilai Positif bagi ekonomi para peternak sapi. 

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Livestock EXPO  dan kontes Ternak 2018, Dra. Hj.Hazrita, MM yang juga Kepala Dinas Peternakan dan Hewan Pessel mengatakan, kegiatan livestock expo 2018 kali ini, meliputi lomba agrobisnis peternakan, UMKM, petugas Ternak, Kewirausahaan, volly pantai, dan kegiatan lainya.

Ia juga menyebutkan, iven ini merupakan ajang penampilan hasil produk-produk peternakan dan kesehatan hewan yang dikemas secara terpadu dalam bentuk pameran promosi peternakan. 

Sementara Ketua Japfa Forkis, Asrul Arifin dalam kata sambutannya mengatakan, dalam kegiatan ini Japfa Forkis memberikan bantuan kepada 1500 siswa sekolah dasar (SD), di 7 SD Negeri yang ada di Pesisir Selatan. Bantuan meliputi pemeriksaan kesehatan, bantuan peralatan sekolah dan pelatihan. Yang diikuti 166 guru tersebar di Kabupaten Pessel.

Tahun ini sudah tahun Ke -4 Japfa Forkis melaksanakan program ini setelah digelar di Tanah Datar. Kegiatan tersebut meliputi duta anak sehat, penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, pentas seni dan budaya diikuti guru di SD, Catur (grand master vs pelajar), Duta Makanan Sehat (SD), dan Duta Anak Sehat. "Kegiatan ini cukup positif, bagi generasi muda yang ada di Pessel. Kita tetap komit dalam hal ini," kata Asrul.

Turut hadir dalam acara kali ini Dirjen Peternakan dan Pertanian RI, Ketua TP-PKK Pessel Lisda Hendrajoni, Ketua DPRD Pessel, Dandim, Kapolres, Kepala Dinas Peternakan Se- Provinsi Sumbar, Sekda Pessel, Kepala OPD Pessel, dan para wirausaha Peternakan di Kabupaten Pessel.(Rn s/mg) 

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge