26 September 2018

KAN Nagari Lawang Terpilih Wakili Agam ke Tingkat Provinsi


AGAM, (GemaMedianet.com) - Selasa (25/9/2018) pagi tim Penilai Lomba KAN tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengunjungi KAN (Kerapatan Adat Nagari) Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam.

KAN Lawang berhak melaju ke tingkat provinsi, setelah mengikuti proses penilaian yang cukup panjang oleh tim juri secara independen, sehingga KAN Lawang terpilih mewakili Agam ke tingkat Provinsi Sumbar.

Dalam kunjungan tim juri ke lapangan, ratusan masyarakat Lawang tumpah ruah menyambut kedatangan tim juri yang didampingi Bupati Agam Indra Catri. 

Di Nagari Lawang masih menjaga norma adat salingka nagarinya. Yaitu terlihat animo masyarakat dalam "manjunjuang jamba" yang dilaksakan setiap upacara adat atau agama di daerah itu.

Tidak hanya itu, permainan anak salingka nagari juga ikut andil dalam kegiatan itu. Seperti permainan silek, tari pasambahan dan tambua tansa. 

Unsur penilaian yang dilihat, adalah keberadaan lembaga KAN serta perannya ditengah-tengah masyarakat. Setelah itu aspek penyelenggaraan adat serta bagaimana pengelolaannya. Aspek kompetensi serta pembinaan adat terhadap generasi muda, hubungannya dengan alim ulama serta lembaga MUI. (rel) 

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge