07 August 2018

Walikota Sibolga Lepas 24 Jemaah Calon Haji Menuju Embarkasi Medan


SIBOLGA, (GemaMedianet.com) – 24 orang yang tergabung dalam rombongan Jemaah Calon Haji asal Kota Sibolga dilepas Walikota HM Syarfi Hutauruk menuju asrama Haji Medan, Sumatera Utara dari depan Mesjid Agung Kota Sibolga, Selasa (7/8/2018) pagi.

Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sibolga M.Yusuf  Batubara, Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan lurah, serta para kerabat dan keluarga calon jemaah haji.

Pelaksana tugas (Plt) Kakan Kemenag Kota Sibolga Drs.H.Aswad dalam sambutannya mengatakan, calon haji reguler yang diberangkatkan berjumlah 24 orang, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 19 orang perempuan.

"Jemaah tertua bernama Muhammad Zaini dengan usia 78 tahun. Sedangkan termuda yakni Nilasari Simamora, berusia 50 tahun," terang Aswad yang juga menjabat Kepala Staf Urusan Haji Kemenag Sibolga seperti dilansir sibolga.go.id


Ia juga menyebutkan, para calon jemaah haji telah melakukan pra manasik haji sebanyak 10 kali, serta telah diberikan suntikan vaksin kesehatan, dan tergabung dalam kloter 17, bergabung dengan jemaah calon haji asal Kota Medan.

"Kloter ini akan berangkat pada 9 Agustus lusa pukul 00.10 WIB dan tiba di Jeddah pada hari yang sama sekitar 04.10 waktu Arab Saudi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Walikota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, dalam sambutannya  menyampaikan, dikarenakan faktor cuaca yang tak menentu, 24 jemaah calon haji Kota Sibolga diberangkatkan menuju asrama haji Medan lebih awal. Pemberangkatan dilakukan dengan pesawat udara dari Bandara FL. Tobing Pinangsori.

Ia mengakui, setibanya di Medan para jemaah calon haji tersebut tidak akan langsung masuk ke dalam asrama haji. Para jemaah akan diinapkan satu malam di Mes Kota Sibolga menunggu jadwal yang sudah ditetapkan oleh Embarkasi Medan.

“Semua akan dapat tempat, tidak tambah bayaran, makanan dikasih, tidak dipungut biaya apa pun, semua akan ditanggung Pemko Sibolga termasuk ongkos pesawat dari Sibolga ke Medan dan sebaliknya,” ucap walikota.

Dikesempatan itu walikota berpesan agar para jemaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah, mengingat suhu ekstrim di tanah suci yang sedang berlangsung, yakni di kisaran suhu udara 30 sampai 51 derajat.

Meski demikian, Walikota meyakinkan para jemaah untuk tidak takut. "Dengan niat dan dzikir, semua dapat di lewati. Perbanyak  minum air putih, banyak makan jeruk, dan selalu jaga kesehatan," tukasnya.

Sementara itu salah seorang keluarga jemaah calon haji, Zulkifli Hendri Kurniawan Hutabarat mengaku cukup terharu saat mengikuti prosesi pemberangkatan para jemaah calon haji. Apalagi dalam keberangkatan kali ini orangtua kami, Rosmila Hutagalung juga ikut bersama rombongan.

"Semoga sehat berangkat, sehat pula kembali. Dan terpenting ingat selalu pesan bapak walikota tadi, dan sekembalinya ke tanah air menjadi haji yang mabrur, aamiin ya robbal alamin," doa Zulkifli yang juga salah seorang PNS di Pandan, Tapanuli Tengah. (mks/em)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge