Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

23 August 2018

Walikota Padang : Sikapi Persoalan Sosial Dengan Ajaran Islam


PADANG, (Gema Medianet.com) -  Persoalan sosial yang melanda bangsa Indonesia dewasa ini harus disikapi dengan bijak dan dikembalikan kepada ajaran Islam. Sebagaimana dicontohkan oleh nabi dan para rasul. Seperti adanya upaya adu domba sesama anak bangsa, sikap arogansi kelompok dan perseorangan, serta distribusi hasil kekayaan alam yang tidak merata.

Hal itu diungkapkan Walikota Padang Mahyeldi saat bertindak sebagai Khatib Sholat Idul Adha di Masjid Al Azhar UNP, Rabu (22/8/2018).

Ia menjelaskan, untuk menyelesaikan persoalan sosial tersebut, bisa mengacu kepada nilai dan karakter nabi Ibrahim yang patut dicontoh. Seperti keberanian Nabi Ibrahim melawan kebathilan dan kemauan untuk berkorban dalam menegakkan kebenaran. 

Selanjutnya, Nabi Ibrahim rela dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud dalam kobaran api untuk menegakkan kebenaran Ilahi. Serta, Nabi Ibrahim rela berpisah dengan ayah kandungnya yang bekerja sebagai pembuat berhala, demi mempertahankan nilai-nilai aqidah yang diperjuangkannya. Bahkan, rela mengorbankan anaknya, demi melaksanakan perintah Allah SWT.

"Hari Raya Idul Adha mengandung makna persatuan, saling memberi, saling mengasihani, saling memberi serta pemerataan hak setiap umat," terang Mahyeldi.

Ditambahkannya, pemerataan dan pemenuhan hak umat sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan "luka-luka sosial". Seperti kesenjangan ekonomi yang dapat menjadi faktor pendorong terjadi kerusuhan sosial. Namun, karena kesombongan, keangkuhan, dan keserakan atas nikmat Allah yang bertebaran di muka bumi, dengan mengambil bagian melebihi porsinya, sehingga yang lain menjadi tidak kebagian

"Jadi jangan heran, kalau ada orang yang sakit perut karena kelaparan, sementara ada orang yang sakit perut karena kekenyangan," ujar Mahyeldi.

Untuk itu, Mahyeldi mengajak jamaah Sholat Idul Adha yang terdiri dari Rektor UNP, civitas akademika UNP, serta masyarakat sekitar kampus UNP untuk selalu berpegang teguh kepada ajaran Allah SWT, dan tidak mengedepankan kepentingan golongan, kelompok, dan partai. (LL/Fsl)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge