25 Agustus 2018

Setwan DPRD Padang Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Aparatur



PADANG, (GemaMedianet.com) Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Padang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Kinerja selama tiga hari di Payakumbuh, mulai 17 - 19 Agustus 2018. Bimtek bertujuan menciptakan pelayanan yang prima lewat Aparatur Sipil Negara (ASN) profesional dan memiliki kinerja yang handal.  

Kabag Administrasi Sekretaris DPRD Kota Padang, Eka Y. Libra Fortuna mengatakan, sebagai lembaga yang memfasilitasi berbagai kegiatan DPRD, Sekretariat DPRD menduduki peran dan fungsi sangat strategis dalam era otonomi daerah, khususnya dalam menjembatani hubungan antara eksekutif dan legislatif.

Sekaitan itu peran serta tupoksi Aparatur Setwan sangat menentukan terhadap pelayanan di DPRD, baik terhadap pimpinan dan anggota dewan. Aparatur sangat dituntut memberikan pelayanan prima, kemampuan dan kecakapan manajerial dalam pelayanan/pengaturan persidangan, Humas dan keprotokolan, pengelolaan keuangan, penatausahaan, kelengkapan, produk hukum, dan sebagainya sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Hal itu untuk menciptakan stabilitas dan akuntabilitas kinerja Setwan serta kepekaan dalam merespons aspirasi masyarakat yang berkembang, khususnya dalam menerapkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik (GOOD GOVERNANCE) agar kebijakan yang ditempuh tetap mengacu kepada kepentingan masyarakat, " kata Eka Y. Libra Fortuna yang juga tampil sebagai pemateri Bimtek, Jum'at (24/8/2018).

Dalam Bimtek tersebut disajikan materi utama tentang Implementasi Perundang-undangan yaitu Permendagri Nomor 104 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Sekretariat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

Dalam Bimtek juga diberikan materi tentang Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Juga Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD, RPJMD dan Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, RKPD dan terutama Hasil Revisi Renstra Sekretariat DPRD Tahun 2014-2019 yang ditetapkan dengan Perwako Nomor 1 Tahun 2017, serta Proses Penyusunan Rancangan Renstra dan Renja Sekretariat DPRD Tahun 2019 – 2023 berdasarkan Visi, Misi dan 11 Program Unggulan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih. 

Selain itu juga bermuatan program unggulan Kota Padang yang harus disukseskan bersama dan berkaitan dengan tugas ASN Setwan. "Program itu antara lain melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengaspalan dan pelebaran jalan serta perbaikan drainase dan pengendalian banjir terpadu,” katanya.

Selanjutnya, Bimtek juga menyajikan materi tentang meningkatkan efektifitas reformasi birokrasi, budaya kerja aparatur dan pelayanan publik. Melanjutkan pengembangan kawasan wisata terpadu serta melanjutkan penyelenggaraan pesantren ramadhan. Membangun 500 ruang kelas baru untuk SD dan SMP. 

Sementara Sekretaris DPRD Kota Padang, Syahrul mengatakan, selama setahun tugasnya sebagai Sekwan, masih dirasakannya belum maksimal melaksanakan tugasnya secara profesional.

“Oleh karena itu Kegiatan Bimtek berguna menambah wawasan dan cakrawala berpikir dalam menunjang tugas dan fungsi kita masing-masing. Kita harus ambil bagian dalam Sekretariat DPRD Kota Padang,” ujar Syahrul di tempat terpisah

Bimtek kali ini menghadirkan pemateri, Siti D.Jauharoh, perempuan kelahiran Tuban, Jawa Timur. Ia merupakan seorang trainer yang memfokuskan diri di bidang psikologi dan human transformatin/re-education mind.(im/S/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan