Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

08 August 2018

Rapat Kerja Tahunan Ke IV IIOLGF Ditandai Dengan Gelaran Seminar Mitigasi Bencana


PADANG, (GemaMedianet.com)–Indonesia Indian Ocean Local Government Forum (IIOLGF) kembali mengadakan rapat kerja tahunan sekaligus menyelenggarakan seminar dengan tema Smart City Berbasis Mitigasi Bencana di Ballroom Hotel Grand Inna Padang, Senin (6/8/2018).

“Pemilihan tema ini cukup memiliki alasan yang kuat dan dirasakan sangat sesuai dengan karakteristik umum dari seluruh kabupaten/ kota anggota IIOLGF di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa dan tsunami, termasuk Kota Padang yang sering dijuluki Kota Supermarket Bencana,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Padang, Erwin M.

“Tema ini juga diselaraskan dengan hasil rapat kerja dari 5 komisi IIOLGF yakni bidang kebencanaan, bidang perikanan dan kelautan, bidang perdagangan dan investasi, bidang pariwisata dan kebudayaan, serta bidang pedidikan dan Teknolog Informasi (TI),” imbuhnya.

Sebagai informasi, IIOLGF adalah organisasi yang menghimpun seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang berada di tepian Samudera HIndia, yang pada mulanya terbentuk dan mengadakan pertemuan pada tangal 20 s/d 23 oktober 2015.

Seminar kali ini dihadiri oleh Walikota Hildesheim, Jerman Mr. Ingo Meyer, Wakil Ketua Komite Rakyat Ba Ria Vung Tau Vietnam Mr. Le Tuan Quoc beserta delegasi masing-masing negara, Ketua Pusat Faslilitasi Kerjasama Kemendagri RI Nelson Simanjuntak, serta Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PW) Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI.

Sementara peserta seminar difokuskan untuk 33 kabupaten/kota di wilayah Sumatera, kementerian dan lembaga terkait, Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padang, kalangan akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGO), serta kalangan pengusaha/bisnis.

Dikatakan Kabag Kerjasama Setdako Padang tujuan dari kegiatan ini, yaitu pertama untuk memperkuat kerjasama antar anggota IIOLGF dalam menyerasikan pembangunan daerah dan menyinergikan potensi antar daerah. Kedua adalah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan anggota IIOLGF dalam mitigasi bencana melalui sharing pengetahuan dan “knowhow” dari para narasumber dalam dan luar negeri (Jerman). Selanjutnya, untuk mengupayakan terbentuknya platform baru tentang sistem dan menkanisme mitigasi bencana dan pemanfaatan IT dalam bingkai smart city, dan untuk mengupayakan peningkatan serta perhatian pemerintah pusat terhadap daerah kabupaten/kota IIOLGF dalam upaya mitigasi bencana.

“Kerjasama yang akan dilakukan adalah adalah dalam bidang peningkatan kapasitas aparatur, penataan kota yang ramah bencana, serta pemanfaatan teknologi informasi dalam mitigasi bencana,” ujar Erwin pada konferensi pers yang digelar sesaat setelah pembukaan seminar.

Sementara Walikota Hildesheim, Ingo Meyer melalui penerjemah Mimi Shcluter menyebutkan, daerahnya memiliki aturan yang ketat dan tidak boleh dilanggar, termasuk dalam pengelolaan bangunan yang ramah bencana. Jika ada yang mendirikan bangunan tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, maka izin bangunan itu akan dicabut. Demikian pula jalan yang dibuat dua jalur untuk evakusi. "Nanti kami akan berbagi pengalaman dengan Pemko Padang terkait hal ini”, ujar Walikota Hildesheim, Ingo Meyer melalui penerjemah Mimi Shcluter.

Di akhir konferensi pers, Walikota Mahyeldi mengajak seluruh warga Kota Padang untuk memberikan donasi bagi korban gempa Lombok. Sebagaimana diketahui, Lombok diguncang gempa dengan kekuatan 7.0 SR pada Minggu (5/8/18) kemarin. “Kita akan kerahkan bantuan untuk korban gempa Lombok, sebagaimana dulu mereka juga membantu kita ketika dirundung bencana yang sama,” tutupnya. (Humas)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge