26 August 2018

Peserta Qurban Dinas Pertanian Daulat Walikota Padang Sembelih Hewan Kurban di Sungai Lareh


PADANG, (GemaMedianet.com) - Dinas Pertanian Kota Padang melaksanakan  rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha 1439 H dengan berqurban bersama warga sekitar Sei Lareh Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Kamis (23/8/2018).

Walikota Padang H.Mahyeldi dikesempatan itu didaulat untuk menyembelih hewan qurban Surau Raudatul Firdaus di lingkungan kantok dinas pertanian setempat.

Dikatakan Mahyeldi, menyembelih hewan kurban tidak asal-asalan saja ada aturannnya. "Jangan sampai menyakiti hewan yang akan kita sembelih,” pungkas Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syaiful Bahri menyampaikan, sebanyak 3 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing disembelih pada hari raya qurban. "Sapi yang kita sembelih berbeda dengan yang lain, karena Sapinya dipilih beratnya antara 400 Kilogram sampai 500 Kilogram, kambingnya pun dipilih kambing yang bagus," terangnya.

Syaiful menyebutkan, dibanding tahun lalu, jumlah hewan qurban tahun ini mengalami peningkatan. Jika tahun lalu hanya 2 Ekor Sapi dan 2 ekor Kambing, sedangkan tahun ini sebanyak 3 Ekor Sapi, dan 1 ekor Kambing, serta kualitasnya meningkat dari tahun yang lalu.

Ia menjelaskan, peserta kurbannya berasal dari ASN Dinas Pertanian saja dan dagingnya nanti dibagikan kepada warga sekitar Sungai Lareh. ”Untuk itu kami mengundang RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Pesantren sekitar Sei Lareh Sedangkan penyembelihannya dipercayakan kepada Bapak Walikota sebagai Julehanya (Juru Sembelih Halal), dan Pak Walikota memenuhi syarat untuk itu,” terang Syaiful.

Pada momen ini juga dipraktekkan cara penyembelihan sesuai syariat Islam, dengan melilitkan tali ditubuh Sapi. Kemudian Sapi rebah sendiri, dan tidak menyakiti sapi.  

Selesai melaksanakan penyembelihan hewan kurban dilanjutkan dengan makan bersama masyarakat sekitar Surau Raudatul Firdaus.(Nd/Fsl)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge