03 August 2018

Padang Kampanyekan Vaksin MR dan Imunisasi Rubella


PADANG, (GemaMedianet.com) Penyakit Campak dan Rubella merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, namun dapat dicegah dengan memberikan Vaksin MR, Satu kali penyuntikan Vaksin MR dapat mencegah dua penyakit sekaligus.

Oleh sebab itu, agar masyarakat Kota Padang terlindungi dan terhindar dari penyakit campak dan rubella, maka harus dilakukan Imunisasi Meales (campak) dan Rubella (campak jerman) yang  diberikan pada usia anak 9 Bulan sampai dengan 15 Tahun.

Demikian disampaikan Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharulah Dt.Marajo sewaktu membuka acara pencanangan Kampanye Nasional Introduksi Measles dan Rubella (MR) di Kota Padang dan Imunisasi Rubella dalam rangka Indonesia mencapai eliminasi penyakit campak dan rubella 2020 di Komplek Yayasan Pendidikan Adzkia Jalan Taratak Paneh Kecamatan Kuranji, Rabu (1/8/2018).

Walikota mengimbau, setelah pencanangan ini diharapkan seluruh warga masyarakat yang memiliki anak-anak mulai usia 9 bulan sampai 5 tahun agar melaksanakan imunisasi campak dan rubella.

Sebagaimana untuk bulan Agustus ini akan dilaksanakan di Puskesmas, rumah sakit, klinik-klinik, Posyandu dan juga Pustu. Diperkirakan dalam waktu 2 bulan ini, 230.000 orang  anak yang akan di imunisasi di Kota Padang.

“Kepada pelaksana dilapangan nantinya, jika menemukan hal-hal atau rintangan agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Sehingga tidak ada satupun anak-anak di kota ini yang tidak mengikuti imunisasi campak di Kota Padang,” imbuh wako.

Ditambahkan, inilah salah satu cara Pemerintah Kota Padang untuk menciptakan generasi yang akan datang, generasi yang sehat, generasi mileneal. Karena kalau ini tidak dilaksanakan, akan berdampak kepada yang lain dan mempunyai dampak jangka panjang.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Nazarudin mengatakan penyakit campak dan rubella ini penyakit infeksi yang ditularkan melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa tertular bagi anak dan orang dewasa yang belum mendapatkan imunisasi campak dan rubella.

“Penyakit campak ini dapat menyebabkan komplikasi radang paru, radang otak, kebutan, gizi buruk dan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan penyakit rubella dapat menyebabkan, bila tertular ke ibu hamil akan menyebabkan keguguran dan kecacatan bayi baru lahir,” tuturnya.
Begitu berbahayanya penyakit ini sebut Nazarudin, DKK Padang telah memfasilitasi seluruh Puskesmas dan pelaksana kesehatan lainnya untuk melaksanakan imunisasi campak dan rubella tersebut.
‘Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tepat mencapai sasarannya. Seandainya ada resiko akibat dari imunisasi, kita sudah persiapkan untuk itu dan memang akibatnya tidak terlalu fatal lebih baik manfaatnya daripada dampaknya. Karena imunisasi ini sifatnya bermanfaat sekali untuk mencegah penyakit akut dan berbahaya ini,” tutur Nazar lagi. (Nda)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge