21 August 2018

Masyarakat Nagari Gurun Panjang Kompak Semarakkan HUT Kemerdekan RI ke 73

Kegiatan Lomba dan Hiburan Masyarakat Nagari Gurun Panjang
PESSEL, (Gema Medianet.com) - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018, masyarakat Nagari Gurun Panjang Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengadakan berbagai kegiatan lomba dan hiburan.  

Seperti diketahui, Nagari Gurun Panjang yang merupakan salah satu nagari mendapatkan penghargaan pada HUT RI Ke 73 atas komitmen masyarakat untuk SBS dalam rangka mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai universal akses sanitasi 100 persen tahun 2019.

Panitia kegiatan yang ditemui media ini, Yuli Andri Malta yang didampingi oleh Koordinator kegiatan Deri Eka Putra, Mahasiswa KKN Universitas Eka Sakti (UNES) Padang mengatakan, serangkaian acara yang diadakan di Nagari Gurun Panjang digelar selama dua hari, yaitu hari Minggu dan Senin, (19/18-8-18) yang bertemakan menjadikan Nagari Gurun Panjang menjadi nagari mandiri di bidang kesehatan.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyemarakan hari kemerdekaan ke 73 yang diadakan di lingkungan Nagari Gurun Panjang yang terimplementasi dalam berbagai kegiatan lomba, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Panitia HUT Kemerdekaan RI Le 73 Nagari Gurun Panjang
"Untuk lomba kita adakan hari Minggu, diantaranya Pacu Karung, Makan kerupuk, Tarik tambang, Bola kaki pakai sarung untuk para ibu, untuk hari ini (Senin - red) Solo Song, ragam busana, puisi dan drama," katanya.

Menurutnya, drama yang dipentaskan bertemakan tentang kesehatan, pesan yang disampaikan adalah merupakan pentingnya kesehatan itu di seluruh kalangan, mulai dari tingkat anak-anak sampai lanjut usia.

Kegiatan ini juga kesemuanya merupakan bentuk nyata, bahwa kita sebagai warga negara Indonesia berjuang, walaupun bentuk perjuangan yang dilakukan dalam wujud yang telah disesuaikan dalam zaman dan masa.

Ketua Pemuda Nagari Gurun Panjang, Dori Gusma yang mendukung penuh kegiatan ini menyatakan, kegiatan ini merupakan wujud peduli warga masyarakat akan arti dan makna kemerdekaan dengan bahu membahu dalam suatu kebersamaan, bersatu dalam suatu permainan yang digelar oleh panitia yang kesemuanya merupakan kekompakan dan kebersamaan warga masyarakat Nagari Gurun Panjang yang selalu terpelihara dan terjaga, serta  kerjasama dengan mahasiswa KKN UNES Padang.

Wali Nagari Gurun Panjang dan Penghargaan SBS
Sementara Wali Nagari, Andi Refelindo beserta Ketua Bamus nagari Gurun Panjang Marjoni, S.Pdi, Datuk Mantari Gagah menyambut baik kegiatan tersebut. "Saya berterimakasih kepada seluruh pengurus (panitia), masyarakat Nagari Gurun Panjang, adik-adik dari UNES yang telah turut serta menyemarakkan gebyar kemerdekaan 17 Agustus 2018 dengan tetap kokoh menjunjung tinggi nilai -nilai perjuangan.

Hal ini, menurutnya, walau di tengah-tengah arus globalisasi yang sangat kuat mempengaruhi tata kehidupan generasi muda bangsa maupun lingkungan keluarga, namun masyarakat Nagari Gurun Panjang mengemban dan melestarikan nilai-nilai perjuangan dalam suatu komunikasi yang terjaga dan terpelihara diantara para warga yang ada di lingkungan nagari.

“Saya mengharapkan kegiatan seperti ini tumbuh subur di lingkungan masyarakat sebagai maniestasi perekat kehidupan berbangsa dan bernegara. Acara ini didukung oleh semua lapisan warga masyarakat, serta adik adik dari UNES," katanya. (don)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge