27 August 2018

Mahyeldi : Bersatu dan Kompak Itu Hukumnya Wajib


PADANG, (GemaMedianet.com) - Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah mengatakan, banyak pesan yang disampaikan Allah SWT di dalam Alqur'an Surat Ali Imran Ayat 103. Salah satu pesannya yakni tentang persatuan.

Terjemahan dari ayat itu yaitu, "Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah SWT menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk".

"Di awal ayat ini Allah SWT berpesan kepada kita, dimana persatuan itu diungkapkan dan disampaikan Allah SWT dengan menggunakan tiga kalimat. Pertama, kata bersatu, yakni mengajak untuk berpegang teguhlah semuanya di jalan Allah. Kedua, kata bersama dan Ketiga, janganlah kamu berpecah-belah yang juga memiliki pesan terhadap persatuan. Sehingga dapat kita pahami, bahwasanya bersatu itu hukumnya wajib dan kompak itu hukumnya wajib," seru Mahyeldi sewaktu bertindak sebagai Khatib Shalat Jumat di Masjid Raya Andalas, Jumat kemarin.

Kemudian tambah Mahyeldi, beberapa ayat yang lain (QS.Al Hujurot : 10) juga ditegaskan bagaimana perilaku orang-orang yang beriman. Orang yang beragama atau orang yang berpegang teguh terhadap ajaran-ajaran Allah itu bagaimana perilakunya. 

Terjemahan ayat itu yakni, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah SWT, supaya kamu mendapat rahmat”.

"Jadi orang-orang yang beriman itu adalah orang-orang yang memang senantiasa berupaya untuk menyatukan serta menyelesaikan urusan-urusan perbedaan-perbedaan yang ada. Itu perilaku orang yang beriman, sebagaimana di dalam agama Islam sangat jelas bahwa menjaga dan merawat persatuan itu hukumnya adalah wajib. Dan inilah yang harus dicontohkan oleh para ulama-ulama dan para pemimpin kita," tukasnya. (David/Nda /Fsl/Im)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge