09 Agustus 2018

DPRD Padang Paripurnakan HUT ke 349, Harapkan Perkuatan Sektor-sektor Kerakyatan


PADANG, (GemaMedianet.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke 349, Selasa (7/8/2018).

Rapat paripurna istimewa yang digelar tepat pada HUT Kota Padang yang jatuh setiap tanggal 7 Agustus itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti.


Rapat yang dihadiri 35 orang anggota DPRD Kota Padang itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Anggota DPD RI, Leonardi Harmaini, Forkopimda Sumbar, Forkopimda Padang, kepala daerah kabupaten/kota, mantan walikota dan wakil walikota Padang,  mantan anggota dewan serta BAKO IKK Padang.

Turut hadir ninik mamak dan bundo kanduang serta pemimpin partai dan organisasi politik di Kota Padang. Menariknya, dua walikota dari Vietnam dan Jerman berkesempatan hadir.

Mengawali sambutannya, Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti menyampaikan, berdasarkan SK Walikota Padang Nomor 188.45.22 Tahun 1986, penetapan HUT Kota Padang didasarkan pada hasil rapat pleno DPRD Kota Padang pada 31 Juli 1986.


Sejarah pembantaian besar-besaran Belanda yang memonopoli perdagangan di Padang pada 7 Agustus 1669, menjadi sejarah penting bagi warga Padang. Bagaimana tidak, penaklukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tercatat sebagai hari kelahiran Kota Padang ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu Kursi Parlemen Kota Padang pada 7 Agustus 1669 juga secara resmi dianggap sebagai hari ulang tahun Kota Padang. Dicampur dari berbagai sumber, ada beberapa versi yang berkaitan dengan sejarah Kota Padang. Namun, kebanyakan menyebutkan bahwa pembentukan Padang HUT dimulai dengan serangan Koto Tangah dan Pauh ke benteng VOC atau Loji Belanda, agen perdagangan Belanda di Muaro Padang.

Berdasarkan peristiwa heroik, itu menjadi momentum Hari Jadi Kota Padang untuk berkembang menjadi kota inti metropolitan dengan 11 kecamatan dan 104 kelurahan.Membangun Kota Padang dengan prioritas unggulan sebagai solusi untuk pengembangan Kota Padang.


Dengan demikian, lanjut Elly Thrisyanti, tujuan kemerdekaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengisinya dengan kemajuan pertumbuhan yang signifikan. Oleh karena itu pentingnya sinergisitas Walikota Padang dan DPRD Kota Padang membangun kemajuan kota yang lebih baik.

"DPRD berharap dengan usia ke 349 Tahun Kota Padang dapat lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dari segala aspek," ujarnya.

Menurut Elly Thrisyanti, Empat tahun kepemimpinan Mahyeldi -  Emzalmi berhasil mengelola keuangan Kota Padang dengan memperoleh penghargaan WTP secara berturut-turut.


Selain itu Kota Padang sukses menyelenggarakan Pilkada Badunsanak dan berkelanjutan pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden kemudian dengan tingkat partisipasi lebih tinggi dari pelaksanaan pemilu terakhir. Termasuk raihan berbagai penghargaan baik regional maupun nasional.

Dengan keberhasilan meraih ratusan penghargaan baik regional maupun nasional tersebut, DPRD mengharapkan prestasi itu dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

"Jangan justeru membuat cepat berpuas diri, tetapi harus lebih semakin memacu semangat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat Kota Padang," tukasnya. 


Elly Thrisyanti juga menambahkan, demikian pula pembangunan kota ke depan tentu harus lebih mengarah pada kegiatan rakyat. "Diantaranya memperkuat sektor-sektor kerakyatan. Wujudkan kerja nyata untuk rakyat," tukas Politisi Partai Gerindra ini.

Sementara Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Padang, Syahrul menyampaikan, bahwa dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Padang ke 349 ini Sekretariat dewan telah menyebarkan sekitar 1000 undangan.

Selain itu dalam peringatan HUT Kota Padang ke 349 ini juga diserahkan piagam dan pin emas berlogo Kota Padang kepada 11 warga kota yang memiliki perhatian dan kepedulian di berbagai bidang. (em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan