Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

22 August 2018

Bank Nagari Meriahkan HUT RI Ke 73 Tahun Dengan Penyaluran CSR Pendidikan Rp.2,14 Miliar


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka menyambut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat yang lebih akrab dengan sebutan Bank Nagari  menyalurkan bantuan pendidikan senilai Rp.2,14 Miliar bagi 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Nagari yang memiliki Motto  "Bersama Membina Citra Membangun Negeri" ini menyalurkan bantuan pendidikan tersebut tepat pada HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun, Jum'at (17/8/2018) di Kantor Pusat Bank Nagari Jalan Pemuda, Kota Padang. 

"Bank Nagari  bukan hanya peduli dengan perekenomian masyarakat Sumbar saja, tetapi juga peduli dengan dunia pendidikan. Aspek social melalui program CSR Bank Nagari ini disalurkan pada 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat dengn jumlah bervariasi senilai Rp.2,14 Miliar," ungkap Direktur Utama Bank Nagari, Dedy Ihsan didampingi Pemimpin Devisi Sekretaris Perusahaan (Sekper), Mardiah, usai upacara peringatan HUT RI ke 73.

Dirut berharap agar bantuan tersebut tidak dilihat dari jumlah nominal CSR yang disalurkan. "Namun lihatlah dari semangat kami sebagai pertanda Bank Nagari sangat peduli akan kemajuan Pendidikan di Sumbar. Terlebih lagi Bank Nagari bermottokan "Bersama Membina Citra Membangun Negeri," ujar Dedy Ihsan. 

Senada dengan itu, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan (Div.Sekper), Mardiah menambahkan, lewat program CSR ini, Bank Nagari menyadari bahwa keberadaan perusahaan tidak dapat dipisahkan dengan komunitas lingkungan sesuai dengan tema HUT RI tahun kini. Yaitu Sinergisitas Untuk Bertumbuh, tanpa adanya sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak, tentunya tidak akan mungkin Bank Nagari akan dapat bertumbuh besar seperti sekarang ini, ungkapnya.

"Alhamdulilah dengan adanya sinergitas berbagai pihak, hingga per Juni 2018 laba Bank Nagari telah mencapai Rp.350 miliar," ujar Mardiah.

Ia juga menyampaikan, saat ini Bank Nagri tengah dalam transpormasi dengan meningkatkan kualitas pelayan elektronik chanel mulai dari mobile banking. Transpormasi di bidang information technologi (IT) menjadi prioritas  utama Bank Nagari. 

Seperti diketahui, Bank Nagari telah meluncurkan beberapa inovasi produk berbasis IT. Diantaranya produk-produk baru yang dinamakan Nagari Cash Management (NCM), Nagari e-Money, Nagari Auto Debet dan Nagari Portal Payment.

Dijelaskan, Nagari Cash Management (NCM) Personal dan Corporate, merupakan satu jenis jasa layanan keuangan yang ditujukan untuk nasabah perorangan dan non-perorangan (perusahaan/lembaga) dimana nasabah yang bersangkutan dapat memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi keuangan melalui fasilitas online.

Kemudian, Nagari Money (N-Money) yakni uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan internet. Seperti; Pembelian Pulsa Celuller dan Listrik, Pembayaran Tagihan Bulanan, Alat Bayar Belanja Secara Offline, Alat Bayar Belanja Secara Online, Transfer Ke Bank, Transfer Antar N-Money, Topup Wallet, Donasi, Penyaluran Dana/Disbursement dan Personal Loan.

Selain itu, Bank Nagari juga memiliki akses/produk Auto Debet, sebagai layanan pembayaran secara otomatis sesuai periode yang ditentukan atau disepakati oleh nasabah dan dilakukan dengan menggunakan sistim. Dalam produk auto debet, ada tiga fitur penting, yakni Auto Debet atas Pembayaran Tagihan Biller, Auto Debet Pembelian Biller dan Auto Debet Pemindahbukuan Dana.

Tidak saja auto debet dan N-Money, Bank Nagari juga memiliki Nagari Portal Payment, yakni sebagai suatu sistem yang dapat digunakan oleh Mitra untuk mengelola pembayaran atas tagihan dari pihak kedua Mitra tersebut, tanpa harus menyediakan sistem informasi Host to Host.

Begitu juga bagi pemerintah daerah, Bnk Nagari juga menyediakan kemudahan, yakni SP2D Online. Sehingga, Pelaksanaan Integrasi Program SP2D Online pada Pemerintah Daerah makin mudah dan tersistem. Karena pada program SP2D Bank Nagari, akan Mempercepat proses operasional Pencairan SP2D. 


Namun, yang tidak kalah menariknya, Bank Nagari ternyata telah melakukan dan memunculkan produk – produk unggulan pilihan untuk nasabahnya, yakni Diversifikasi Sikoci. Diantaranya Sikoci Rencana, Sikoci Pendidikan, Sikoci Pensiun, dan Sikoci Bisnis.

Spesifik Diversifikasi tersebut, yakni 1). Tabungan Sikoci Bisnis adalah tabungan yang ditujukan kepadapelaku bisnis dengan mobilitas yang aktif, dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah transaksi bisnisnya seperti menyediakan seluruh fasilitas e-banking (SMS, ATM/Debit dll), Gratis fasilitas auto debet, gratis transaksi antar bank, Gratis Account Statement, rekening koran dilengkapi deskripsi dan keterangan transaksi. 2). Tabungan Sikoci Pendidikan adalah tabungan rencana Biaya Pendidikan Putra-Putri nasabah. Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, suku bunga di atas tabungan regular, ditambah asuransi jiwa untuk kenyamanan nasabah.


3). Tabungan Sikoci Pensiun adalah solusi rencana dana pensiun nasabah. Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, suku bunga di atas tabungan sikoci reguler, ditambah asuransi jiwa untuk kenyamanan nasabah, dan 4). Tabungan Sikoci Rencana adalah produk tabungan yang dapat membantu mewujudkan setiap impian Nasabah. Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, suku bunga di atas tabungan regular, ditambah asuransi jiwa untuk kenyamanan nasabah Transpormasi Bank Nagari.

Bahkan kemunculan para star up yang bergerak di financial teknologi (fintech) tentunya juga akan dimanfaatkan Bank Nagari. "Manajemen mimiliki sikap untuk tidak menganggap para pemain fintech sebagai pesaing Bank," terangnya.


Selesai menjelaskan produk baru Bank Nagari Mardiah menambahkan, tak hanya bantuan pendidikan saja, lanjut, masih dalam bidang pendidikan, Bank Nagari telah membangun rumah pintar di Daerah terpencil, yakni di sungkai Kota Padang. selanjutnya dalam waktu dekat ini kami juga akan mengadakan lomba Cerdas Cermat untuk tingkat SLTP dan SLTA se Kota Padang, ucap Mardiah.

Mardiah mengatakan Bank Nagari juga telah menyalurkan bantuan dalam bidang kebencanaan, yaitu bantuan Gempa Bumi Yang menimpa Kabupaten Solok sebesar Rp.200 Juta dan korban kebakaran yang melanda Ampek Angkek Agam senilai Rp.20 juta.Untuk bidang keagamaan, Bank Nagari akan menyerahkan 4 (empat) ekor sapi kurban untuk menyambut hari Raya Idul Adha tahun ini. Hal itu jumlahnya meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 3 (tiga) ekor sapi kurban saja, sebut Mardiah. (*/em)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge