Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

21 July 2018

Padang 10 Kota Terbaik Nasional di Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018


PADANG, (GemaMedianet.com) — Padang menjadi 10 Kota Terbaik Nasional pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (Yowita) 2018. Anugerah penghargaan di bidang pariwisata tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Walikota Padang Mahyeldi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat malam (20/7/2018).

Disamping itu, pariwisata Kota Padang juga menjadi yang terbaik dari seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Untuk Yowita 2018 kategori ini, penghargaannya diserahkan Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, Reydonnyzar Moenek.

Dikesempatan itu, Arief Yahya mengungkapkan, Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 merupakan penghargaan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia yang memiliki komitmen, inovasi, performansi, leadership dan kreasi dalam membangun pariwisata daerah. Guna mendukung pencapaian target kunjungan 275 juta wisatawan nasional dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

"Selain itu, dari pariwisata kita juga punya target 5,5 persen kontribusi PDB Nasional, 280 triliun devisa, penyerapan 13 juta tenaga kerja, dan peringkat 30 Indeks Daya Saing (WEF)," tutur Arief.

Menteri Pariwisata juga menyampaikan apresiasi penyelenggaraan ajang Yowita 2018 yang baru pertama kalinya dilaksanakan, sebagai upaya mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia membangun potensi pariwisata. Sekaligus mendukung pariwisata nasional yang ditetapkan sebagai leading sektor dalam perekonomian nasional.

"Peran Pemerintah Daerah sangat besar dalam mengembangkan pariwisata Indonesia.  Karena itu, Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen tinggi pada pariwisata, sudah sewajarnya diberikan apresiasi setinggi-tingginya," tambah Arief.

Dikesempatan yang sama, Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, dua penghargaan yang diraih Kota Padang pada Yowita 2018 tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kota Padang, para perantau, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan jajaran Pemerintah Kota Padang.

"Dukungan tersebut sangat diharapkan untuk kemajuan pariwisata Kota Padang. Dengan meningkatnya kunjungan ke Kota Padang dengan sendirinya juga meningkatkan kesejahteraan warga Kota Padang," ujar Mahyeldi.

Untuk itu, diperlukan perawatan objek wisata, peningkatan kebersihan lingkungan, serta menjaga keramahtamahan. "Mohon dukungan dan partisipasi kita semua," harap Mahyeldi.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, disamping pengembangan infrastruktur pariwisata, juga dilakukan pembinaan kepada masyarakat agar peduli terhadap pariwisata. Termasuk dari sisi keamanan, kebersihan, dan ketertiban kawasan objek wisata serta Kota Padang secara keseluruhan. Tentunya, juga dengan melibatkan seluruh SKPD Pemko Padang dan Forkopimda Kota Padang.

"Tahun 2017, kunjungan wisatawan ke Kota Padang mencapai 4,3 juta. Dan tahun ini kita berupaya untuk meningkatkannya lagi," ujar Medi saat mendampingi Walikota menerima penghargaan tersebut.

Yowita 2018 adalah anugerah penghargaan pariwisata yang diberikan YOKATTA News bekerjasama dengan Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI.

Adapun, 10 Kota Terbaik Nasional pada Yowita 2018 adalah Kota Balikpapan, Kota Bandung, Kota Batam, Kota Denpasar, Kota Makasar, Kota Padang, Kota Palembang, Kota Semarang, Kota Surabaya dan Kota Jogjakarta.

Untuk 10 Kabupaten Terbaik Nasional diraih oleh Kabupaten Bantul, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Badung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Bogor, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Sleman. (LL/Ady)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge