03 April 2018

Gubernur Sumbar Kritisi BPS Terkait Penilaian "Subjektif" Indeks Demokrasi Pemerintah Provinsi


PADANG, (GemaMedianet.com) — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengkritisi Badan Pusat Statistik (BPS) atas penilaian terhadap Indeks Demokrasi di Indonesia yang dipublikasikan sekitar September tahun lalu, yang menempatkan Provinsi Sumatera Barat sebagai provinsi paling tidak demokratis di Indonesia dengan nilai indeks sebesar 54,41dan masuk dalam kategori 'buruk'.

Menurut Irwan Prayitno, publikasi tersebut, walaupun disandarkan pada data dan diolah menggunakan metodologi tertentu, namun tidak didasarkan pada indikator yang benar.
"Itu datanya ada, tapi indikatornya ga bener," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dengan Dinas dan Stakeholder Terkait yang diselenggarakan di Auditorium Gubernuran, Selasa (3/4/2018) pagi.

Dikatakan Irwan Prayitno, menyoroti kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Provinsi sebagai salah satu indikator untuk menilai demokratis atau tidaknya daerah adalah sebuah kekeliruan.

"Masa perangi LGBT ga demokrasi? Masa suruh anak-anak mengaji biar hafal Quran ga demokrasi? Masa menyelenggarakan pesantren kilat ga demokrasi? Masa suruh anak-anak perempuan pakai kerudung ga demokrasi?" protesnya.


Demokrasi, dalam kaitannya dengan pengambilan kebijakan, urai Irwan Prayitno kemudian, dalam makna esensial yang diterima secara universal adalah kondisi di mana kebijakan diambil setelah melalui proses musyawarah dan disepakati dengan mufakat, atau, kebijakan tertentu diambil atas persetujuan mayoritas masyarakat di suatu lingkungan tertentu.

Dengan demikian, sambung Irwan Prayitno, jika sebuah kebijakan pemerintah diterima oleh mayoritas warganya, maka kebijakan tersebut tidak bisa disebut sebagai tidak demokratis.
"Suara terbanyak. Itu kan yang demokrasi?" tanyanya retoris.

Berpijak pada definisi yang ia sebutkan, Irwan Prayitno mempertegas argumennya menjelaskan, menyoroti sebuah kebijakan tanpa mempertimbangkan proses pengambilannya dan penerimaan masyarakat atasnya akan mengantar peneliti manapun pada simpul yang keliru.

"Jadi BPS meletakkan indikator tentang demokrasi itu tidak tepat. Coba indikatornya setuju atau tidaknya masyarakat atas kebijakan tersebut? Lain hal apabila 51persen masyarakat Sumbar tidak setuju anak-anaknya berkerudung, tidak senang anak-anaknya pinter baca Quran, namun (Pemprov) tetap menjalankan kebijakan tersebut, itu baru tidak demokratis," katanya mengoreksi.

Selain indikator yang dipilih BPS, Irwan Prayitno juga menyayangkan cara BPS menafsirkan data serta narasumber yang ditunjuk untuk menginterpretasikan data.

Irwan tidak mengurai panjang-lebar mengenai apa yang ia maksud dengan tafsir data yang tidak tepat. Namun, ia dengan tegas menyatakan, narasumber yang dipilih BPS adalah narasumber yang sekuler. Dikatakannya, "Saya pesan ke BPS, data selain harus diolah dengan metode yang tepat, menafsirkannya juga harus tepat. Lagipula, untuk Indeks Demokrasi ini BPS narasumbernya sekuler."

Dua hal ini, sebutnya lagi, yakni penafsiran data yang tidak tepat dan narasumber sekuler, sebut Irwan Prayitno di ujung sambutannya, sedikit banyak juga memiliki kontribusi pada kekeliruan survey BPS. "Surveynya jadi subjektif, tidak objektif," pungkasnya.(rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan