21 March 2018

Wagub Nasrul Abit Kagumi Semangat Anak-anak Mentawai Untuk Perubahan dan Kemajuan


MENTAWAI, (GemaMedianet.com) — Pentingnya pendidikan berbanding lurus dengan semangat belajar dari siswa-siswi. Setidaknya hal itu tergambar saat kunjungan pembangunan daerah Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit guna melihat dari dekat pelaksanaan proses pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai,  Rabu (21/3/2018).

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam kunjungannya didampingi Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Kadis PU, Kadis Kominfo, beberapa staf Pemkab Mentawai tersebut menilai  pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai berjalan cukup baik, walau keberadaan tingkat siswa di setiap sekolah masih kurang.

Wagub mencontohkan seperti di SD 05 Goisooina Kecamatan Sipora Utara yang memiliki murid hanya 60 orang saat dikunjungi tengah melakukan ujian mid semester. Meski berjumlah sedikit, namun anak-anak cukup antusias, mereka berpakaian sekolah yang sama dengan sekolah lainnya di Sumatera Barat. Kepala sekolah, guru-guru pengajar sebagian besar sudah merupakan orang Mentawai.

"Bahkan semangat belajar-mengajar sangat baik, dan itu terlihat dari perhatian guru ke murid. Begitu juga sebaliknya, perhatian murid ke guru," ungkap Wagub Nasrul Abis dengan senang.

Menurut wagub, ini menunjukkan betapa pentingnya pendidikan dalam menyiapkan masyarakat Mentawai mengikuti perubahan kemajuan pembangunan daerah, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, peristiwa yang tak lazim di sekolah dimana ada anak-anak kesurupan, sehingga aktifitas belajar mengajar sedikit terganggu. Adalah seorang siswa kelas VI bernama Lisna saat dijenguk ke rumah, terlihat sedih karena tidak bisa masuk sekolah. "Namun yang luar biasa Lisna walau di rumah masih tetap belajar, karena beberapa buku pelajarannya masih dipegang ditangannya," tutur wagub.

Saat ditanya wagub soal sekolah, Lisna sedikit malu-malu mengaku ingin tetap bersekolah. Meski kejadian di sekolah menganggu pikirannya dan teman-teman, tapi semangat belajar tidak kendur. "Semangatnya ini menunjukkan keinginan untuk maju sebagai masyarakat Mentawai yang cerdas, pintar dan maju di masa datang," ujar wagub kagum.

Sementara Kepala sekolah SD 05 Goisooina menyebutkan, peristiwa anak kesurupan se lokal ini baru pertama kali terjadi. Namun beberapa siswa terpaksa diliburkan, karena satu orang terkena kesurupan maka akan kontak kepada temannya yang lain. "Mereka seperti bertengkar keras dan tak mau mengalah satu sama lainnya," ujarnya.

Anehnya, sebut kepsek, kesurupan ini hanya terjadi pada siswa wanita saja, sedangkan siswa laki-laki tidak terpengaruh. Ia juga mengaku sudah mengajak orang pintar untuk diobati, namun belum maksimal. Menurut orang pintar tersebut, ada sosok berambut panjang yang gentayangan di sekolah mengganggu anak anak dalam proses belajar.

"Semoga beberapa hari ke depan kondisi ini semakin membaik dan tidak terjadi lagi. Meski demikian kami terus mengusahakan untuk mencari orang pintar dalam hal ini," tukasnya. (rel/em)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge