17 Maret 2018

Wagub Nasrul Abit Inginkan Permasalahan Proyek Batang Sinamar Ada Solusinya


PADANG, (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menilai perlu dicarikan solusi terbaik terhadap permasalahan yang mendera proyek pembangunan Batang Singkarak yang terjadi sejak 2008 hingga sekarang.

"Oleh karena itu rapat bersama tim terpadu yang digelar kali ini menjadi sangat penting guna mencari solusi yang  terbaik terhadap 17 permasalahan proyek Batang Sinamar, sehingga proyek ini dapat berjalan kembali sebagaimana yang telah diharapkan," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pada rapat pembahasan Pembangunan Batang Sinamar bersama tim terpadu di Ruang Rapat Gubernuran, Rabu (14/3/2018).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Dr.H.Ali Asmar,MPd, Kadis PSDA Sumbar, Bappeda, Camat, Walinagari serta Dirjen Kementrian PU bidang pengairan, Sesditjen Ketahanan Pangan dan beberapa pejabat teknis lainnya.

Wagub Nasrul Abit berharap pelaksanaan proyek pembangunan Irigasi Batang Sinamar ini dapat berjalan kembali sebagaimana mestinya.  Menurutnya, saat ini yang terkendala soal pembebasan lahan yang amat dibutuhkan oleh kementerian harus selesai bulan Maret 2018 ini.


"Jika persoalan ini tidak dapat diselesaikan maka pelaksanaan proyek ini hanya dapat direalisaikan 65 persen dan itu belum dapat berfungsi untuk kebutuhan pengairan lahan sawah seluas 3.200 ha seperti yang diharapkan sebelumnya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, saat ini bersama tim yang dibentuk Gubernur Sumatera Barat secepatnya dapat menyelesaikan persoalan yang terjadi. "Jika soal orang kita akan temui, jika ganti rugi, soal masyarakat keberatan yang selama ini belum jelas dan terurai," harap Wagub Nasrul Abit.

Wagub menjelaskan, saat ini jika pun selesai soal tanah bulan Maret ini, perkiraan pelaksanaan proyeks selesai baru sekitar 75 persen. Belum dapat diselesaikan 100 persen. Namun itu lebih baik dari pada dana dikembalikan ke pemerintah pusat, dan entah kapan lagi dapat dianggarkan untuk penyelesaikan Proyek Batang Sinamar yang amat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas pertanian di daerah ini.

"Mudah-mudah saja pada anggaran tahun 2019 nanti pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum masih dapat menuntaskan proyek ini 100 persen, sehingga Irigasi Batang Sinamar sesuai dengan harapan kita sebelumnya," tukas Nasrul Abit. (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan