26 Maret 2018

Wagub Nasrul Abit Ajak Maskapai Penerbangan Dukung Potensi Besar Wisata di Sumbar


BINTAN, KEPRI (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit meminta Maskapai Penerbangan memberikan dukungan terhadap potensi wisata Sumbar yang terbesar, terindah, tercantik, dan terlezat dengan memperbanyak penerbangan baik nasional maupun internasional dan biaya murah.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di sela-sela sesi presentasi pariwisata Sumbar dengan PT Angkasa Pura dan Maskapai Penerbangan Nasional dan Internasional di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Jum'at (23/3/2018) malam.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, dengan potensi wisata Sumbar yang begitu besar, maka selayaknya PT. Angkasa Pura dan Maskapai penerbangan nasional & international dapat meningkatkan penambahan jumlah penerbangan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang sekaligus menjadi bagian promosi potensi wisata di masing-masing 19 kabupaten/kota dengan destinasi pariwisatanya.

Ia menjelaskan, wisata Sumbar terindah itu dapat dilihat dan dirasakan dari keindahan alamnya yang begitu lengkap, dari mulai laut, pulau, sungai, bukit, gunung, lembah, hutan yang hijau, air yang bening, dan udara yang sejuk.


Sedangkan Wisata Sumbar tercantik, dapat dilihat tarian dan nyanyian syair lagu, pernak- pernik hiasan pakaian, tatanan budaya yang elok menawan. Rumah gadang khas Minangkabau yang menjulang tinggi dengan gonjongnya kian menambah kecantikan alam sekitarnya.

Begitu juga dengan Wisata Sumbar terlezat, ini tergambar dari aneka ragam kuliner dengan racikan bumbu yang memberikan rasa nikmat setiap makanan yang terlezat di dunia. Seperti Rendang, Dendeng Balado, Nasi Goreng Padang, Nasi Kapau, Ikan Pukek, Keripik Balado, Samba Lado Tanak, Berasnya yang khas dan berselera.

"Tentu akan berbeda nikmat dan lezatnya Masakan Padang yang ada di luar Sumbar dengan masakan Padang di Sumbar sendiri. Meski di luar Sumbar, orang Padang juga yang mengolahnya, namun nikmat dan lezatnya tentu berbeda jika di daerahnya sendiri. Walau di Sumbar sendiri tidak ada merek Masakan Padang," sebut wagub. .

Sementara Wisata Sumbar terasyik, ini terpancar dari begitu banyaknya iven budaya, olahraga, serta permainan yang mengasikkan. Seperti Surfing di Kepulauan Mentawai telah ribuan orang dari berbagai belahan dunia datang ke Kabupaten ini untuk menikmati sensasi ombak terbaik di dunia.

Bahkan permainan beladiri anak negeri di setiap nagari-nagari di Ranah Minang telah mendunia, diantaranya Silat Hariamau, Silat Kumango, Tarian Budaya Randai, Basaluang, Barabab, Badendang, Talempong, Bansi, dan sebagainya.

"Jika ingin membuktikan datanglah ke Sumatera Barat, ada 19 kabupaten/kota siap menanti dengan berbagai pesonanya," ungkap Wagub Nasrul Abit.

Dalam presentasinya wagub juga menyampaikan kapasitas BIM saat ini masih belum mencukupi kebutuhan yang ada.  Sebab saat ini baru berkapasitas 2,8 juta penumpang, sedangkan data akhir 2017 jumlah penumpang sudah mencapai 3.955.664 orang.

Terkait hal ini, lanjutnya, saat ini sedang dikembangkan pembangunan untuk tahun 2019 dengan kapasitas 5.2 juta penumpang di BIM. Tentu kondisi ini menjadi peluang bagi kab/kota untuk ikut serta membangun & mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing. Tentu dengan kondisi itu maskapai akan meningkatkan jumlah penerbangan dengan kapasitas bandara yang lebih memadai sesuai kebutuhan yang diinginkan. .

Menurutnya, sejalan dengan perkembangan animo arus orang berwisata semakin tinggi, selain perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dunia semakin membaik. Di era global saat ini membuat orang ingin tahu, membuat dinamika perkembangan wisata dunia semakin meningkat pula. Hampir tidak ada batas antar negara, karena bisa saling terbuka dan bekerjasama.

Wagub menilai, dengan memahami hal itu maka pengelola BIM sudah mesti berpikir dari sekarang bagaimana dapat menampung lebih dari 15 juta atau 20 juta penumpang per tahun. "Tentu hal itu berlangsung secara bertahap sesuai dengan kondisi dan kebutuhan," ujarnya.

Masih menurut Wagub, yang perlu dipahami dan menjadi pokok dalam mengembangkan dan memajukan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan maayarakat, adalah bagaimana seluruh komponen bangsa mampu menjaga rasa aman, nyaman dan damai, termasuk di Sumatera Barat. "Ayo, kunjungilah wisata Sumatera," ajaknya. (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan