28 March 2018

Siswa SMKN 5 Padang Wakili Sumatera Barat di Ajang Lomba LKS Tingkat nasional


PADANG, (GemaMedianet.com) — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 5 Padang kembali menorehkan prestasi setelah dua siswanya berhasil meraih gelar juara pada Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK se Sumatera Barat (Sumbar) yang dilangsungkan pada 8 - 12 Maret 2018 lalu di Padang. Prestasi ini sekaligus menjadikan Kota Padang tampil sebagai juara umum dengan menggondol 8 gelar juara. SMKN 5 juga berhak mewakili Sumbar pada Lomba LKS tingkat nasional.

"Dari 8 gelar juara umum yang  diraih Kota Padang, dua gelar juara merupakan raihan dua siswa asal SMKN 5 Padang, yakni Darles pada Cabang Lomba Automobile Technology, dan Yongfao Zerius Zai pada Cabang Lomba Brick Laying," kata Kepala SMKN 5 Padang, Deta Mahendra yang diwakili Wakil Kepala Bidang Humas, Syafrianto di ruang kerjanya, Sabtu (24/3/2018).

Kepala SMKN 5 Padang juga menyebutkan, atas prestasi dua siswa itu, maka SMKN 5 ditunjuk menjadi wakil Sumatera Barat (Sumbar) pada ajang LKS tingkat nasional yang akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 6 - 12 Mei 2018.


Ia juga berharap, dalam ajang cukup bergengsi seperti pada Lomba LKS Tingkat Nasional kali ini siswa yang diutus membawa nama sekolah dan Provinsi Sumatera Barat dapat masuk 10 besar.

Apalagi secara internal, siswa yang terpilih mewakili sekolah telah menjadi contoh bagi rekan-rekannya bahwa prestasi itu dapat diraih lewat keuletan, kemampuan, dukungan dan percaya diri.

"Sama seperti Duta Putri Pendidikan 2018, yakni Alda,  siswi SMKN 5 Jurusan Gambar Bangunan, sebutnya, apa yang juga diraihnya karena keuletan, kemampuan, dukungan dan rasa percaya diri," ungkapnya.

Oleh karena itu untuk mampu menjadi terbaik, berbagai motivasi dan persiapan sebagai bekal bagi siswa yang akan berjuang mewakili sekolah dan membawa nama Provinsi Sumatera Barat terus dimaksimalkan. 

"Harapannya ketika siswa tampil dalam ajang lomba LKS tersebut, mereka tidak demam panggung, fokus dan memiliki kemampuan untuk memaksimalkan waktu selama pelaksanaan uji berlangsung," ujarnya.



Wakil Kepala Bidang Humas ini juga menyampaikan, beberapa persiapan itu berkaitan dengan perangkat atau bahan di bagian jurusan yang diperlukan untuk mendukung pengetahuan siswa. Seperti melakukan kerjasama dengan dunia industri karena harus menguasai pengetahuan empat kenderaan bermotor roda empat.

Dijelaskannya, Empat mobil itu diantaranya Toyota Chamry tipe Hybrid yang berkaitan dengan diagnosis kenderaan. Kemudian Ayla yang berhubungan dengan Mesin dan Transmisi. Selanjutnya Suzuki Ertiga yang menyangkut Rem dan Kemudi. Terakhir, Nissan Livina yang berhubungan dengan Elektrikal.



"Kendala kita hanya pada mobil Toyota Chamry, karena diinformasikan kenderaan itu di Sumbar baru hanya dua. Namun demikian informasi terkait mobil tersebut akan terus kita usahakan untuk dapat diperoleh," terangnya.

Ia menambahkan, dengan perangkat atau bahan yang baru sebahagian ada, maka strategi yang dilakukan kuasai 3 perangkat lebih dahulu dan secara berjalan dikuasai satu perangkat atau bahan lainnya.

"Ya seperti memakai baju, jika kita sudah menguasai perangkat baju maka tanpa kita lihat ke kanan atau ke kiri pakaian bisa melekat. Termasuk buah baju (kancing baju) posisinya tentu sudah kita kuasai," tukasnya. (em)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge