06 March 2018

Dukung 9000 Anak PAUD, Pemkab Pasaman Anggarkan BOP 5,2 Miliar


PASAMAN, (GemaMedianet.com) —Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mencetuskan program Satu Jorong Satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna mewujudkan pendidikan dasar yang berkualitas.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis selaku pembina TP PKK Kabupaten Pasaman yang juga sekaligus pelindung PAUD Khairunnisa bersama Ketua TP PKK Pasaman Ny Gustinar Yusuf Lubis saat menghadiri kegiatan perayaan hari ulang tahun (HUT) PAUD Khairunnisa ke-12 bertempat di halaman PAUD setempat, Senin (5/3/2018).

"Anak usia dini adalah masa perkembangan yang penting. Menurut para ahli usia 0-5 tahun adalah masa perkembangan emas. Bahkan pemerintah pusat dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2015-2019 menyatakan bahwa peningkatan akses dan kualitas PAUD secara holistik dan integratif merupakan pondasi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun yang berkualitas. Makanya program satu jorong satu PAUD yang telah dicanangkan sejak 2 Mei 2011 yang lalu, pertumbuhan lembaga PAUD sangat pesat di Pasaman. Tercatat saat ini pada data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman jumlah lembaga PAUD sebanyak 260 lembaga PAUD yang terdiri dari Taman Kanak-kanak, Kelompok bermain, tempat penitipan anak dan satuan PAUD sejenis. Jumlah peserta didik sekitar 8.800 orang," kata Yusuf Lubis.

Menurut Yusuf Lubis, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan PAUD merupakan pendidikan yang paling mendasar dan PAUD yang berkualitas akan sangat berkontribusi terhadap kualitas pendidikan pada jenjang selanjutnya.

"Hal ini mengambarkan bahwa masyarakat kita tidak hanya yang tinggal di daerah perkotaan, namun yang tinggal di daerah pedesaan pun sudah menyadari betapa pentingnya pendidikan diberikan kepada anak sejak usia dini," ujarnya.

Lebih lanjut kata Yusuf Lubis, untuk mendukung penyelenggaraan PAUD, pemerintah telah menyediakan dana DAK Non fisik/BOP PAUD sejak tahun 2016 bagi seluruh lembaga PAUD yang khusus untuk kabupaten Pasaman yang setiap tahun dananya meningkat secara signifikan.

"Besarannya dana BOP PAUD tahun 2016 sekitar 3,4 miliar, di 2017 sekitar 4,9 miliar dan untuk tahun 2018 dana BOP PAUD sejumlah 5,2 miliar dan Insya Allah dapat melayani sekitar 9000 anak didik PAUD di Kabupaten Pasaman," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Gustinar Yusuf Lubis juga menyampaikan bahwa, PAUD Khairunnisa sudah berjalan sejak 12 tahun yang lalu. Dimana PAUD Khairunnisa ini merupakan binaan PKK Kabupaten Pasaman.

"Terimakasih kepada seluruh pengelola, karena PAUD Khairunnisa sudah menjadi PAUD Percontohan di Sumbar," ucapnya. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge