05 February 2018

Wahyu Iramana Putra : Musrenbang Tolak Ukur Rencana Pembangunan Padang ke Depan


PADANG, (GemaMedianet.com) - Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 menjadi penentu pelaksanaan pembangunan daerah ke depannya. Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra didampingi  Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Maidestal Hari Mahesa wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo dalam Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Utara yang digelar di Hotel Ibis, Senin (5/2/2018).

Hadir pada kesempatan itu Kepala DLH Al Amin, Camat Padang Utara Editiawarman serta unsur Forkopimka dan pemangku kepentingan terkait,dan Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar yang sekaligus mewakili Walikota Padang membuka secara resmi Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Padang Utara.

Wahyu juga menyampaikan, begitu pentingnya rencana kerja maka pelaksanaannya lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kota Padang untuk Tahun 2019 diadakan secara serentak di seluruh  kecamatan, yakni minggu pertama bulan februari tahun 2018.

"Dengan adanya Musrenbang diharapkan mendapat masukan dan kesepakatan terkait kegiatan pembangunan ke depan baik untuk wilayah kecamatan maupun kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke tingkat kota," ujar Wahyu Iramana Putra.

Ia juga menyebutkan, semua kita harus responsive dan mampu melihat potret atau peta di Kecamatan Padang Utara ini dari berbagai sisi dan aspek. Seperti kondisi infrastruktur diantaranya jalan, jembatan, drainase, pasar serta fasilitas kesehatan, pendidikan dan rumah ibadah. Begitu juga potensi ekonomi berupa pertanian, industri, perdagangan dan kondisi sosial masyarakat yakni mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” kata Wahyu.

Politisi Partai Golkar ini juga menyambut positif pelaksanaan Musrenbang. Dia berharap melalui Musrenbang bisa melanjutkan dan meningkatkan pembangunan di Padang Utara ke depan. Hasil pemikiran dalam musrenbang ini tentunya menjadi tolak ukur bagi Pemko Padang dalam membuat rencana kegiatan pembangunan ke depan. Sebagaimana sebelumnya telah didahului melalui rembug warga dan rapat koordinasi (rakor) pembangunan tingkat kelurahan yang diikuti RT/RW dan LPM serta seluruh elemen masyarakat.

Wahyu yang juga Ketua Partai Golkar Kota Padang ini juga berharap, Padang Utara punya tagline tersendiri sesuai potensi yang dimiliki. Kemudian dari tahun ke tahun tidak itu ke itu saja. Sehingga ada inovasi baru yang akan mendorong kemajuan Padang Utara ke depan. Kemudian mari kita menghidupkan peran aktif masyarakat, di samping mengupayakan pembangunan fisik juga menangkal permasalahan yang ada seperti menginginkan Padang Utara kawasan anti narkoba dan maksiat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Bappeda Herman Bahar berharap, pelaksanaan Musrenbang tersebut berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan untuk kemajuan pembangunan Padang Utara ke depan. Terutama sekali memahami kebutuhan prioritas yang diharapkan masyarakat di samping mengatasi jika terdapat permasalahan yang belum terpecahkan. “Tentu membutuhkan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan. Tidak hanya pemerintah saja, tetapi juga melibatkan dunia usaha dan masyarakat. Semoga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat bersinergi melalui program yang terintegrasi,” tukasnya.

Camat Padang Utara Editiawarman mengatakan, dari sekian banyak usulan, ada beberapa hal pokok yang perlu demi mengangkat percepatan pembangunan kecamatan tersebut ke depan. Dimana antara lain pembangunan di bidang fisik dan prasarana, ekonomi serta sosial budaya. “Semoga pembangunan yang dilakukan pada 2019 nanti dapat mengatasi permasalahan yang ada dan selama ini terjadi. Seperti memprioritaskan penanganan genangan air dan banjir di samping perbaikan drainase, jalan lingkungan dan masih banyak lainnya,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, sebagaimana sebelumnya telah didahului melalui rembug warga dan rapat koordinasi (rakor) pembangunan tingkat kelurahan yang diikuti RT/RW dan LPM serta seluruh elemen masyarakat. "Harapannya Padang Utara punya tagline tersendiri sesuai potensi yang dimiliki. Kemudian dari tahun ke tahun tidak itu ke itu saja. Sehingga ada inovasi baru yang akan mendorong kemajuan Padang Utara ke depan. Kemudian mari kita menghidupkan peran aktif masyarakat, di samping mengupayakan pembangunan fisik juga menangkal permasalahan yang ada seperti menginginkan Padang Utara kawasan anti narkoba dan maksiat,” ujarnya.

Editiawarman menyebutkan, dari sekian banyak usulan, ada hal-hal pokok yang perlu demi mengangkat percepatan pembangunan kecamatan tersebut ke depan. Dimana antara lain pembangunan di bidang fisik dan prasarana, ekonomi serta sosial budaya. “Harapannya pembangunan yang dilakukan pada 2019 nanti dapat mengatasi permasalahan yang ada dan selama ini terjadi. Seperti memprioritaskan penanganan genangan air dan banjir di samping perbaikan drainase, jalan lingkungan dan masih banyak lainnya,” ungkapnya (em)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge