24 Februari 2018

Wagub Nasrul Abit Panen Raya Cabai Kopay di Lahan Percobaan



PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com) –  dalam rangka sosialisasi Sekolah Lapangan Petani, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan panen raya Cabai Kopay asal Payakumbuh. Wagub juga memberi apresiasi atas terselenggara Panen Raya lahan percobaan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) klaster hortikultural dari program klaster sejak tahun 2015 dengan Kesepakatan Bank Indonesia dan Walikota Payakumbuh.

Hal ini disampaikan Wakil Gubenur Sumatera Barat, Nasrul Abit pada saat memberkan sambutan di acara Panen Temu Lapangan Petani, Sekolah Lapangan Iklim Hortikutural di Kelompok Tani Bina Bersama, Payakumbuh, Sabtu (24/2/2018).


Hadir pimpinan Bank Indonesia cabang Sumatera Barat,  Kapolres, Walikota Payakumbuh, Dinas Pertania Hortiutural Sumbar, OPD terkait dilingkungan Pemko Payakumbuh.

Wagub Nasrul Abit jugmenyampaikan, pada akhir tahun 2018 nanti rencanakan akan diolah tahapan pasing out kelompok tani pilot project mampu mandiri tetap menerapkan dasar ilmu yang telah diperoleh sejak bina Bank Indonesia, selama ini.

Selain itu diharapkan kelompok tani pilot project mampu menjadi rote model bagi kelompok tani lain dalam budidaya tanaman hortikultural kepada stakeholder, dan diharapkan juga tetap melakukan pendampingan terhadap kelompok tani pilot project (khususnya Dinas Pertanian Kota Payakumbuh dan melakukan monitoring bersama  KPw BI Sumatera Barat.

"Sampai saat ini dana yang telah diserap Dalam program kerja klaster hirtikuktura, totalnya sebesar Rp.668.006.000," terang Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit menyebutkan, kelompok pilot projek Bina Bersama telah berhasil dengan beberapa prestasi sebagai berikut antara lain,  juara II kelompok tani berprestasi bidang hortikultural tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016, Bina protensial apresiasi kinerja program pengendalian inflasi Bank Indonesia 2016.

Sementara profil Klaster Sumatera Barat hanya ada dua, yakni kelompok Tani Pilot Project kelompok tani Bina Bersama dan Kelompok tani pilot project Baliak Mayang.

"Panen hari ini membuktikan kelompok tani benar- benar bekerja  dan menyakinkan telah berhasil meningkat produksi Cabai Kopay di Payakumbuh membuktikan program Sosial Coorporate Responsibiliti (CSR) Bank Indonesia," tukas Nasrul Abit.(rel/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan