28 Februari 2018

Wagub dan Forkopimda Serius Dorong Percepatan Pembangunan Kepulauan Mentawai


MENTAWAI, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka mendorong percepatan pembangunan daerah, Tim Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Barat (Sumbar) beserta OPD terkait mengunjungi Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kunjungan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah kunjungan tim investigasi pembangunan di Sumatera Barat.

Penegasan itu disampaikan  Wakil Gubernur Sumatera  Barat disela - sela kunjungan tim Forkopimda Sumbar bersama OPD dan instansi vertikal dan Dirjen pembangunan infrastruktur Kemenko Maritim RI, Bupati dan Wakil Bupati  Mentawai bersama OPD terkait lainnya di Sibaru-baru Kecamatan Pagai Selatan, Senin sore (26/2/2018).

Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kedatangan tim Forkopimda kali ini adalah dalam rangka mendorong dan bentuk keseriusan Pemprov Sumbar terhadap Kabupaten Kepulauan Mentawai agar keluar dari kategori daerah tertinggal.



Ia juga menyebutkan, dukungan Menko Maritim Luhut Binsar Pantai Tan juga menjadi dukungan kuat untuk menjadi perhatian nasional guna memajukan pembanguan di Kepulauan Mentawai.

"Kunjungan ini juga ingin melihat dari dekat apa-apa persoalan dan kendala serta kesiapan Pemkab Mentawai bersama masyarakatnya ikut serta dalam percepatan pembangunan Mentawai," ujar Nasrul Abit.

Wagub  Nasrul Abit mengatakan,  kunjungan hari ini kita telah melihat pukau terluar bagian wilayah barat Sumatera,  pulau Nyaunyau dan Sibaru-baru.

Pulau Nyaunyau dengan lahan seluas 72 Hektare (Ha),  sementara Pulau Sibaru-baru seluas 75 Ha. Namun Pulau Sibaru-baru belum dihuni oleh penduduk, sedangkan Pulau Nyaunyau sudah ada 20 Kepala keluarga (KK).

Untuk pulau Sibaru baru tentu kita mengajak masyarakat untuk bisa tinggal dI lokasi ini dalam rangka memajukan potensi daerah, sekaligus sebagai pertahanan wilayah Indonesia bagian pulau terluar. Dan hari ini untuk pertama kalinya kita melintasi jalur kawasan pantai barat di laut lepas, akan banyak resiko jika cuaca tidak mendukung bisa tersesat sampai ke Benua Australia.

"Tapi kita bangga tim Forkopimda Sumbar tetap gigih ingin melihat dan menginjakkan kaki di tanah kepulauan ini. Walau tidak makan nasi, hanya berbekal roti dan pop mie. Dan mungkin untuk pertama kalinya Forkopimda makan pop mie. Ada perjalanan selama lebih kurang 5 jam sampai ke Pulau Sibaru -baru dari Pulau Nyaunyau," terang Wagub Nasrul Abit ceria bersama rombongan Forkopimda Sumbar.

Sementara Komandan Satuan Patroli Lantamal II Padang, Kolonel laut Joko Triwanto dalam kesempatan itu menyampaikan, tugas operasional Mabes TNI memiliki kewajiban dalam menjaga dan mengawal wilayah NKRI termasuk di pulau terluar.

Ia menyebutkan, TNI AL akan mengirimkan satu Tim Satgas (7 -10 orang) dan saat ini kapal untuk operasional di wilayah Danlantamal II Padang itu akan segera tiba. TNI AL sudah bekerjasama dengan Pelindo Padang dalam pengadaan dermaga, jika semua siap kapal diberangkatkan. Ada empat Kapal Republik Indonesia, yakni KRI Kelabang, KRI Kala Hitam, KRI Kurao dan KRI Cakalang.

"Kita mendukung dan siap menjalankan tugas pengawasan dan pengamanan laut sebelah barat Sumatera, termasuk dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di daerah Kepulauan Mentawai ini," tegasnya. (rel/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan