01 Februari 2018

Meriahkan HPN 2018, Gubernur Irwan Prayitno Buka Pameran Seni Rupa dan Industri Kreatif



PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Sumatera Barat, kumpulan perupa dan seni kreatif Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan setempat menyelenggarakan Pemeran Seni Rupa dan Seni Kreatif, Kamis (1/2/2018).

Pada pameran tersebut sedikitnya 39 seniman perupa Sumatera Barat ikutserta mempersembahkan karya-karya seni terbaiknya bertemakan Kebudayan dan Pariwisata Ranah Minang.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dikesempatan itu memberikan apresiasi terselenggaranya pameran seniman perupa dan kurator, serta Pematung Nasional, Yusman dari Yogya yang juga ikutserta memberikan kontribusi karya yang luar biasa.

"Pameran ini merupakan kearifkan lokal memberikan  pesan budaya ranah minang, sebagai kebanggaan dan jati diri masyarakat kita," ujar Irwan Prayitno dalam sambutannya.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyatakan,  saat dari hasil pencarian Pakaian Bundo Kanduang khas budaya Minang yang diketahui ada lebih 600 macam. Dan saat ini sedang dikumpulkan dalam bentuk buku.

Kemudian diketahui juga ratusan jurus Silat khas Minang yang hampir punah, karena tokoh-tokoh Silatnya sudah banyak yang tiada. Dari kekayaan gerakan jurus jurus Silat ini akan didokumentasikan secara gerak, divideokan dan dibukukan sehingga dapat menjadi pelajaran bagi generasi masa datang.

Selain itu, budaya berpantun yang khas Minang yang sebenarnya. Ragam seni budaya yang ada ditengah-tengah masyarakat minang ini tentu menjadi kekayaan inteltual yang hebat sekaligus sebagai potensi budaya Sumbar.

"Kesemua itu perlu kita gali kembali untuk melestarikan dan memajukan budaya Ranah Minang sebagai jati diri peradaban masyarakat Minang," seru Irwan Prayitno bangga.

Gubernur juga menyatakan, pembangunan gedung kebudayaan merupakan rumah milik seniman dan budayawan Sumbar. Dibangun untuk kebutuhan dan kepentingan kemajuan kreasi dan kreatifitas bagi kemajuan seni dan budaya Sumatera Barat.

"Pemerintah Sumatera Barat berkeinginan bagaimana mengimplementasikan budaya, adat istiadat sebagai jati diri, membangkit batang terandam," ungkap Irwan Prayitno Dt Bandaro Basa.

Sementara Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid dalam kesempatan yang sama menyampaikan, kementerian sangat senang dengan pembangunan yang telah dilakukan Pemprov Sumatera Barat dalam memajukan pembangunan daerah,  termasuk hadirnya gedung kebudayaan yang cukup megah nanti.

Namun demikian pembangunan sumber daya tidak bisa diabaikan dalam pengembangan kebudayaan, sebagai membangun karakter martabat bangsa. "Oleh karena itu para seniman dan budaya merupakan pelaku yang patut menjadi perhatian, agar mereka dapat tumbuh dan berkreasi mengembangkan budaya itu sendiri dalam peradaban dunia saat ini," terangnya.

Senada, Ketua PWI Sumbar Heranof dalam kesempatan itu juga menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi pameran tersebut sebagai satu jiwa yang kuat antara wartawan dan seniman serta budayawan.

"Dengan pelaksanaan pameran kali ini merupakan tendangan pertama dimulainya penyelenggaraan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat,  dengan tema "Meminang keindahan di Padang kesejahteraan,ungkap Heranof bersemangat. (rel/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan