18 February 2018

Gubernur Irwan Prayitno Himbau PT Lahirkan SDM Berdaya Saing



TANAH DATAR, (GemaMedianet.com) — Perguruan tinggi mesti mampu menyesuaikan diri dari segala perobahan zaman yang menglobal saat ini, baik dalam kemajuan teknologi maupun dalam bentuk sistem kebutuhan perkembangan zaman itu sendiri.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno sebagai narasumber pada acara Rapat Kerja Politeknik Negeri Padang yang bertemakan "Membangun Sinergi : Menuju Politeknik Negeri Padang Terakreditasi A" di Batusangkar, Jum'at (16/2/2018).

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Pembinaan Kelembagaan Kemenristekdikti Dr. Totok Prasetyo dan civitas akademika Politeknik Negeri Padang, Bupati Tanah Datar serta beberapa tokoh peduli pendidikan daerah.


Irwan Prayitno juga menyampaikan, di tengah persaingan global yang semakin kompetitif dan terbuka, peran perguruan tinggi dituntut semakin terbuka pula dengan segala perobahan. Dan ini juga berkaitan dengan kondisi sumber daya manusia Indonesia yang semakin meningkat kualitasnya dalam perkembangan pembangunan.

Menyikapi kondisi ini tentu Perguruan Tinggi mesti memiliki semangat perobahan menyesuaikan perkembangan yang terjadi, tanpa terkecuali Politeknik. Politeknik yang secara spesifik menyiapkan tenaga kerja siap pakai dituntut  lebih keras lagi, agar melahirkan SDM yang handal dan profesional di bidangnya.

"Keberhasilan dari proses pendidikan adalah menghasilkan keluaran tamatan yang mampu bersaing membuktikan diri unggul dan diakui keberadaannya, termasuk juga dengan SDM para pendidikanya. Karena sebuah produksi tentu juga dimulai dari kualitas dimana diolah, dididik dalam proses pembelajaran yang baik dan tepat," ujar gubernur.

Irwan Prayitno juga mengajak, bagaimana dunia pendidikan perguruan tinggi di Sumatera Barat mampu berbenah diri untuk mampu menerobos perguruan tinggi yang terbaik secara nasional maupun internasional. Inovasi dan terobosan pola perkuliahan yang lebih berkualitas dan bermutu tentulah menjadi idaman bagi semua orang.

Dan tak kalah penting, sebutnya, perguruan tinggi perlu juga melakukan melakukan berbagai analisa dan survei tentang perkembangan yang dbutuhkan pasar kerja. "Tidak sekedar meluluskan tamatan saja, akan tetapi menjamin lulusan dengan kualitas dan kebutuhan pasar global," himbau Irwan Prayitno.

Acara Raker Politeknik Negeri Padang diselenggarakan selama tiga hari, 16 hingga 18 Februari 2018. (rel)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge