13 Februari 2018

Dua Tahun Kepemimpinan IP-NA, Sumbar Capai Kemajuan di Berbagai Sektor



PADANG, (GemaMedianet.com) — Hari ini tepat 2 tahun kepemimpinan Irwan Prayitno dan Nasrul Abit (IP-NA) periode 2016-2021 dalam memimpin Sumatera Barat, sejak dilantik di Istana Negara oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, 12 Februari 2016. Dalam kurun waktu itu berbagai kemajuan dicapai dan penghargaan diterima di berbagai sektor seperti pariwisata, pendidikan, UMKM, pensejahteraan petani, dan infrastruktur.

“Berbagai kegiatan pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Barat 2016 - 2021 dilakukan dengan membangun sinergitas dengan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten kota se- Sumatera Barat,” terang Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Senin siang (12/2/2018).

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, dalam kurun waktu 2 tahun kepemimpinan berbagai penghargaan diterima gubenur, wakil gubenur dan OPD terkait telah berperan mengantarkan beberapa keberhasilan pembangunan di berbagai sektor tersebut.


Berdasarkan  data Badan Pusat Statustik (BPS) Perekonomian Sumatera Barat tahun 2017, yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp.214,585 triliun dan PDRB perkapita mencapai Rp.40,32 juta atau US$ 3.028,02.

Ekonomi Sumatera Barat tahun 2017 tumbuh 5,29 persen meningkat dibanding tahun 2016 sebesar 5,27 persen.Ekonomi Sumatera Barat triwulan IV-2017 bila dibandingkan triwulan IV-2016 (y-on-y) tumbuh sebesar 5,37 persen mengalami percepatan bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,87 persen.

Dan karena fokus pembangunan Sumatera Barat 2016 - 2021, lebih dititikkan pada sektor pariwisata, pendidikan, UMKM, pensejahteraan petani, infrastruktur, pada peningkatan sektot pariwisata

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat sepanjang tahun lalu meningkat 13,34 persen, dan diperkirakan tahun ini bakal meningkat signifikan.

Kunjungan wisman dari pintu Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur, Sumbar naik 13,34 persen dari 49.686 orang menjadi 56.313 orang tahun lalu. Totalnya pada 2017 naik 13,34 persen.

Tahun ini, sebut wagub lagi, jelas akan jauh meningkat karena sudah ada penerbangan langsung Padang – Singapura. Kehadiran penerbangan langsung itu akan berdampak pada banyaknya wisman datang langsung ke Sumbar melalui hubungan Singapura. Tidak lagi masuk ke Sumbar melalui pintu bandara seperti Soekarno Hatta, Medan, Batam, ataupun Bali.

Selain itu, data BPS mengungkapkan per Desember 2017, angka kunjungan wisman ke Sumbar naik 63,98 persen menjadi 8.586 orang dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 5.225 orang wisman.

Adapun, negara asal wisman masih didominasi wisatawan asal Malaysia yang kontribusinya berkisar 80 persen terhadap kunjungan wisman ke Sumbar. Selain Malaysia, juga ada wisman Thailand, Australia, Prancis, Inggris, Jerman, China, Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina.

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) sepanjang tahun lalu, jelas Nasrul Abit, naik 7 persen menjadi sekitar 7,8 juta orang dari tahun sebelumnya sebanyak 7,3 juta orang, ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasul Abit juga menyampaikan, beberapa hari lalu Sumbar juga telah sukses menyelenggarakan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat. Di saat bersamaan kunjungan Presiden Joko Widodo selama tiga hari dan menteri kabiner kerja juga telah membuka peluang percepatan pembangunan Sumatera Barat di berbagai sektor terutama infrastruktur.

Terhadap hal itu, Pemprov akan melakukan tindak lanjut dengan membangunan sinergitas kabupaten/kota, stakeholder, OPD dan lintas sektoral, baik melalui koordinasi dan rapat-rapat teknis, termasuk menyusun agenda prosedur semua kegiatan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Yang jelas Pak Gubenur Irwan Prayitno telah memberikan arahan dan pandangan serta prinsip-prinsip kepada saya dan OPD di lingkungan Pemprov Sumbar bagaimana memajukan Sumatera Baray dalam periode ini. Karena saya ditugasi bidang, pariwisata, kemiskinan dan daerah tertinggal dan sekaligus ini fokus pembangunan Sumatera Barat agar memiliki daya saing daerah di era pasar bebas ini,” terangnya.

Di kesempatan itu wagub memberikan apresiasi kepada Ketua DPRD Sumbar dan anggota, Kepala Lembaga lintas sektoral, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.Bupati dan Walikota se Sumbar, Stekholder, Kepala OPD dan masyarakat Sumatera Barat yang telah aktif berperanserta memajukan pembangunan daerah,

“Kami sampaikan penghargaan dan terima kasih, semoga dukungan, pengabdian dan kerja kita dalam dua tahun diberikan amalan dan hidayah hidup oleh Allah SWT. Amin. Mari kita wujudkan Sumatera Barat yang Madani dan Sejahtera", basamo mangko manjadi," tukas wagub Nasrul Abit. (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan