Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

18 January 2018

Wagub Nasrul Abit : Pemprov Sumbar Back Up Potensi Laut Kabupaten Mentawai



MENTAWAI, (GemaMedianet.com) — Pemerintah Provinsi Sumatera Bagian arat (Pemprov Sumbar) dalam hal ini Gubernur Irwan Prayitno akan memback up kegiatan pengembangan ekonomi Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui peningkatan pengembangan perikanan laut yang dipusatkan di Sikakap Mentawai.

Penegasan itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Nasrul Abit dalam rapat sederhana di salah satu rumah tokoh Mentawai tepi pelabuhan Sikakap, Rabu (17/1/2018).

Hadir dalam rapat tersebut,  Bupati Yudas Sagabalet dan OPD terkait, Forkopimda Metawai,  Pimpinan Perum Perikanan Indonesia Rusyianto,  Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan Perikanan RI Bramantio,  Kadis Kelautan Perikanan Ir. Yosmeri,  Kadis Perhubungan Drs Amran,MM, serta beberapa orang pengusaha bidang perikanan Mentawai.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, saat ini baru sekitar 30 persen potensi perikanan laut Kepulauan Mentawai yang tergali oleh masyarakat Mentawai. Sehingga tidak lah salah, jika banyak orang dan nelayan asing masuk menjelajah potensi ikan Mentawai yang seharusnya potensi ini dapat mensejahterakan masyarakat Mentawai.

"Hal ini berkaitan dengan minimnya sarana prasarana perikanan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang membuat daya tampung hasil tangkapan tidak terolah dengan baik, terutama ikan tuna dan semua selalu dikumpulkan di Padang melalui Pelabuhan Bungus," ungkap wagub.

Pimpinan Perum Perikanan Indonesia, Rusyianto dalam kesempatan itu menyampaikan, akan mendukung pengembangan usaha potensi laut Mentawai dan siap pula menerima semua jenis ikan tangkapan. "Minimal ada 10 ton hingga 15 Ton sekali pengangkutan yang dapat diambil dan dikelola Perum Perikanan Indonesia dari Sumatera Barat," ujar Rusyianto.

Bupati Mentawai, Yudas Sabagalet dalam kesempatan itu menyampaikan, saat ini lebih dari 40 ton ikan Mentawai menguap ke daerah lain, karena masyarakat Mentawai tidak melakukan kegiatan semaksimal mungkin di laut. Karena itu kami bermimpi ingin mengembangkan Pelabuhan Sikakap sebagai pelabuhan perikanan laut terbesar di wilayah Indonesia bagian laut.

Dan melihat potensi alam yang ada amat mendukung untuk kegiatan tersebut, melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,  Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat menetapkan hal tersebut guna kemajuan dan ketahanan potensi kelautan wilayah bagian barat Indonesia, pinta Bupati Yudas.

Yudas juga mengatakan, Pemkab Mentawai serius ingin mengembangan potensi kelautan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Mentawai khususnya, dan Sumatera Barat pada umumnya.

"Kita akan bantu semua baik dengan program pelatihan dan pendidikan tentang cara tangkapan ikan di laut, dan program lainnya yang mampu membangkitkan semangat pengembangan potensi kelautan di Kabupaten Kepulauan Mentawai," seru Yudas Sabagalet. (rel/uki)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge