Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

24 January 2018

Kondisi Cuaca Tidak Menentu, Masyarakat Diminta Waspada



PESSEL, (GemaMedianet.com) — Sebagai daerah rawan terhadap berbagai bencana, terutama banjir dan tanah longsor, kesiagaan masyarakat sangat diharapkan. Upaya itu bertujuan agar dampak korban bila bencana terjadi bisa diminimalisir, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Himbauan itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pessel, Erizon Rabu (24/1/2018) kepada pesisirselatankab.go.id di Painan. Selain kesiagaan masyarakat, dia juga menegaskan kepada pertugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk juga selalu siaga dengan berbagai kemungkinan yang terjadi.

Kondisi cuaca yang tidak menentu sebagai mana saat ini, harus disikapi dengan kesiagaan oleh masyarakat. Kesiagaan penuh ini juga harus dilakukan oleh semua personil atau petugas BPBD. "Sebab tingginya curah hujan sebagai mana terjadi sejak beberapa hari terakhir, sangat berpotensi bisa terjadi bencana banjir yang juga disertai tanah longsor," ujarnya.  

Dikatakanya, sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak sungai yang berhulu di kawasan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), dan juga di sepanjang gugusan Bukit Barisan (BB), diakuinya berbagai potensi bencana akan bisa terjadi di Pessel.

Potensi bencana itu besar, sebab Pessel berada di sepanjang garis pantai mencapai 246,2 kilometer, mulai dari Siguntur batas Kota Padang hingga Kecamatan Silaut Provinsi Bengkulu.

"Pada garis pantai sepanjang 246,2 kilometer itu, terdapat pula banyak hulu sungai dengan kemiringan yang tajam. Sehingga bila terjadi hujan, yang secara berkebetulan juga berlangsung gelombang pasang, akan menimbulkan banjir," ujarnya.

Diungkapkanya, gejala itu sudah mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir. Dari itu kepada semua pihak terkait, terutama petugas BPBD harus bersiaga.

Kepada para camat dan wali nagari juga ditegaskan untuk segera memberikan laporan, baik lisan maupun secara tertulis kepada Pemkab melalui BPBD bila bencana terjadi. "Ini saya sampaikan agar penanganan dengan segera bisa dilakukan bila terjadi bencana," tegasnya. (rel)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge