26 Januari 2018

Gubernur Irwan Prayitno Minta Daerah Permudah Iklim Pro Investasi


PADANG, (GemaMedianet.com) Pemerintah daerah (Pemda) perlu membuka diri untuk kegiatan investasi di wilayahnya, hal ini terkait dengan pesan Presiden RI dalam Rapat Kerja (Raker) Pemerintah tentang Pelaksanaan Berusaha di daerah, di Istana Negara kemarin.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno saat membuka sesi Pasaman dan Pasaman Barat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Gubernur dengan Bupati/Walikota se Sumatera Barat di aula gubernuran, Rabu (24/1/2018)

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, pelaksanaan pembangunan Indonesia saat ini dianggap sehat, akan tetapi kenyataannya tidak bisa bergerak cepat. Hal ini terkait dengan kondisi daerah yang terlalu banyak aturan, sistem pelayanan yang belum terbuka, dan masih enggannya beberapa daerah membuka investasi. Padahal, kondisi dana APBD dan APBN amat terbatas, dalam percepatan pembangunan daerah guna meningkatkan pendapatan, kesejahteraan masyarakat.

Kata presiden, sebut Irwan, hanya 20 persen saat ini APBN yang menggerakan sektor ekonomi masyarakat, karena itu dibutuhkan investasi dalam mendorong percepatan pembangunan. Untuk pelayanan dan percepatan sektor investasi perlu dibentuk satgas investasi, sehingga koordinasi dan lintas sektor dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

"Sumatera Barat telah membentuk satuan tugas (Satgas) dari 10 provinsi yang telah memiliki satgas dari 34 provinsi di Indonesia," terang Irwan Prayitno.

Ia mengatakan, menurut data saat kemajuan Vietnam dan Thailand sudah di atas pertumbuhan Ekonomi Indonesia, tidak menyikapi hal itu dengan baik. Maka saat ini Laos sudah mendekati, bisa saja pertumbuhan ekonomi Laos mengalahkan Indonesia juga.

"Untuk itu presiden berharap dan meminta pemerintah daerah membangun iklim investasi yang baik di daerah, dengan mempermudah," terangnya.

Irwan menambahkan, presiden juga menyayangkan masih ada daerah yang tidak pro investasi, sehingga pergerakan pembangunan di daerah berjalan lambat. "Alhasil, kesejahteraan masyarakat lama terwujud," tukas Gubernur Irwan Prayitno. (rel/em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan