22 December 2017

Pengembangan e-Government, Pemkab Pemalang Kunjungi Surabaya



SURABAYA, (GemaMedianet.com) — Berbagai prestasi yang diraih Pemerintah Kota Surabaya menjadi magnet bagi instansi pemerintah lain untuk melakukan kunjungan kerja. Salah satunya adalah Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah yang datang berkunjung, Kamis (21/12/2017). Kedatangan rombongan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Antiek Sugiharti beserta Sekretaris Diskominfo, Cahyo Utomo.

Tujuan kunjungan ke Kota Surabaya yaitu ingin mempelajari tahapan yang perlu dipersiapkan dalam pembangunan e-Government sekaligus pengembangan sumber daya manusia terkait IT yang akan dilakukan Pemkab Pemalang. Informasi yang telah digali dari kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi pelengkap dalam pengembangan dan pembangunan sistem e-Government di Kabupaten Pemalang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Antiek Sugiharti di kesempatan itu menyampaikan, Pemkot Surabaya menerapkan IT dalam pemerintahan didasarkan atas kebutuhan agar proses birokrasi dan administrasi pemerintahan berjalan lebih cepat, efektif dan efisien sekaligus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. “Sistem terpadu e-Government ini terdiri dari aplikasi administrasi pemerintahan dan pelayanan publik,”  ujar Antiek seperti dilansir surabaya.go.id di hadapan rombongan Kabupaten Pemalang

Ia juga menjelaskan, salah satu aplikasi E-goverment yang dilaksanakan di Surabaya ini adalah untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah. Ia mencontohkan, untuk proses keuangan melalui e-Payment, tidak perlu melakukan proses yang rumit dan terjamin keamanannya. Terkait dengan dengan pengembangan SDM, Antiek mengungkapkan, bahwa hal tersebut memang membutuhkan proses dan perlu ditekankan secara tegas.

Selain proses manajemen pembangunan kota, sebutnya, pelayanan publik juga telah berbasis teknologi online yang bisa diakses kapan pun, salah satunya adalah aplikasi Surabaya Single Window dimana warga dapat mengajukan proses perizinan dengan mudah, atau melalui e-Health untuk administrasi pelayanan kesehatan serta berbagai pelayanan publik lainnya.

Pemkot Surabaya juga terbuka bagi warga yang ingin menyampaikan saran, usul atau pengaduan melalui media center. “Untuk tanggap bencana, Surabaya memiliki layanan tanggap darurat 112,” tukasnya. (ynu)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge