22 December 2017

Penanganan Normalisasi Batang Lumpo Menemui Tititk Terang



PESSEL, (GemaMedianet.com) — Normalisasi Batang Lumpo tampaknya bakal segera terlaksana, menyusul tercapainya kesepakatan ganti rugi tanah milik warga yang terkena dampak normalisasi pada alur sungai Batang Lumpo Kampung Lubuk Kumpai Nagari Pasar Baru Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Selasa (19/12/2017).

Musyawarah ganti rugi tanah itu dihadiri langsung Bupati Pessel, Hendrajoni dan beberapa kepala OPD, serta pemilik tanah Hj Nurmi (70), warga setempat.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, dengan telah bebasnya tanah yang akan terkena dampak normalisasi Batang Lumpo di Kampung Lubuk Kumpai Nagari Pasar Baru Bayang ini, maka harapan pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Menurutnya, normalisasi Batang Lumpo merupakan hal mendesak guna mengantisipasi dampak banjir bila hujan deras terjadi. "Sebab dengan berbeloknya alur sungai, akan membuat menghambat kelancaran arus. Akibatnya terjadi luapan, yang pada akhirnya berujung dengan banjir," tuturnya.

Sekaitan itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pessel, Mukhridal mengatakan, pengukuran tanah yang akan dilalui proyek pelurusan sungai itu dilakukan oleh Dinas PSDA Sumbar, dengan lebar 60 meter dan panjang alur 265 meter. "Tanah dengan luas 11.540 meter persegi itu telah diukur oleh Dinas PSDA Sumbar. Ganti ruginya juga sudah ditentukan oleh tim aprisal," terangnya.

Sementara Wali Nagari Pasar Baru, Evon Riadi menyebutkan, dengan terlaksananya normalisasi di muara sungai Batang Lumpo itu, maka kecemasan warga terhadap banjir akan tidak ada lagi. Karena melalui normalisasi itu nanti, arus sungai yang selama ini berbelok-belok akan lancar mengalir ke laut.

Ia mengakui, proses pembebasan tanah Hj Nurmi tersebut memang sudah memakan waktu yang cukup lama. "Sebab upaya ini sudah dilakukan sejak masa kepemimpinan Bupati Darizal Basir, Nasrul Abit. Hingga akhirnya baru terkabul di masa Bapak Bupati Hendrajoni," tukasnya. (Don/05)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge